Disperindagkop UKM Gunungsitoli Tinjau UMKM yang Memproduksi Sabun Mandi


Disperindagkop UKM Gunungsitoli Tinjau UMKM yang Memproduksi Sabun Mandi

Disperinkop UKM saat Kunjungan ke CV Wery Grup-
GUNUNGSITOLI I KEJORANEWS.COM : Setelah mendapatkan pembinaan dan pemberdayaan dari Dinas Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kota Gunungsitoli yang difasilitasi Pelindo Head I Regional Medan untuk pengolahan kelapa menjadi produk turunan, Pelaku UMKM CV.Wery Grup mulai memproduksi Sabun Mandi.(21/09/2023)


“Pembinaan kepada pelaku IKM-UMKM Kota Gunungsitoli di fasilitasi oleh Pelindo Head I (satu) Regional Medan dan bekerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara Medan untuk melatih pelaku UMKM dari Kota Gunungsitoli khususnya pengolahan kelapa menjadi produk sabun mandi,” terang Kepala Dinas Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kota Gunungsitoli Yarniwati Gulo, S.Sos, M.Si saat melakukan peninjauan bersama dengan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Gunungsitoli Ny. Tini Lakhomizaro Zebua di rumah produksi sabun mandi WERY-Komplek Miga Residence, Jalan Dipenogoro, Desa Miga, Selasa (19/09/2023).


Masih disampaikannya bahwa ada 10 orang pelaku usaha dari Kota Gunungsitoli yang sudah mengikuti pelatihan tersebut. Harapannya para pelaku usaha yang telah dilatih tersebut juga segera menyusul untuk memproduksi sabun mandi. Sehingga hilirisasi kelapa nias yakni proses pengolahan bahan baku menjadi bahan siap pakai dapat semakin ditingkatkan.


“Buah kelapa di Pulau Nias ini diupayakan untuk kita kelola secara alami sehingga kita bisa memproduksi sesuatu yang dapat berguna dan minimal dapat dipergunakan oleh masyarakat Kota Gunungsitoli khususnya dan Pulau Nias secara umum dan dapat kita pamerkan serta kita perkenalkan sehingga dapat dilihat dan dikenal oleh masyarakat,” ucapnya. 


Ketua Dekranasda Kota Gunungsitoli Ny. Tini Lakhomizaro Zebua memberikan apresiasi kepada Dinas Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Pelindo Head I (satu) Regional Medan dan Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara Medan. Harapan kita kedepan semoga bisa berlanjut serta dapat memunculkan produk-produk lain hasil olahan dari kelapa.


(BZ)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama