Dengan DD Tahap 1, Desa Bumi Harapan Bangun Jalan Tani dan Drainase


Dengan DD Tahap 1, Desa Bumi Harapan Bangun Jalan Tani dan Drainase

Drainase yang Dibuat-
MESUJI I KEJORANEWS.COM : Desa Bumi Harapan, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji, Lampung, membangun jalan untuk pertanian dan drainase dalam pelaksanaan Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2023.


Terkait hal itu, Berkah Dewantoro Kepala Desa ( Kades ) Desa Bumi Harapan menyampaikan bahwa pembangunan jalan tersebut di 6 lokasi yang berada di Rukun Keluarga (RK) 02 dan Rukun Keluarga (RK) 04.


"  Volume jalan di 6 lokasi itu, lebar 4 meter dan panjang 4200 meter. Anggaran yang kita gunakan sebesar Rp. 163.675.000. Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) adalah warga kami. " Ujar Berkah Dewantoro, Jumat (9/6/2023) di kantor Balai Desa.


Selain itu katanya, pihaknya juga melakukan pembuatan Drainase sepanjang 130 meter dengan ketebalan setengah meter.


" Untuk drainase itu menghabiskan anggaran sebesar Rp.45.783.818," ucapnya.


Di tempat terpisah ketua TPK Desa Bumi Harapan, Bambang Setiawan mengatakan bahwa pembuatan jalan usaha tani dan pembuatan drainase berdasarkan keinginan masyarakat setempat yang dituangkan dalam Musrenbang beberapa bulan yang lalu. Dan pihaknya telah melaksanakan pembangunan 2 infrastruktur tersebut.


" Jalan usaha tani memang sangat diperlukan untuk mengeluarkan hasil panen dari areal pertanian warga, dan jalan ini sangat membantu kami masyarakat, " terangnya.


Ketua RK 4, Muhamad Solikin sangat berharap pembangunan yang bersumber dari Dana Desa bisa di manfaatkan sebaik-baiknya.


Sementara itu, Tokoh Masyarakat setempat, Haji Iman Mukti menilai bahwa pembangunan dari DD di desa Bumi Harapan memang belum kelihatan, mengingat banyak dialokasikan untuk perbaikan jalan jalan usaha tani.


Anggota DPRD kabupaten Mesuji, Heri Purwanto, S.E., berharap penggunaan DD dilaksanakan dengan tepat sasaran dan pembangunan yang dilakukan oleh TPK dapat lebih baik dari kontraktor rekanan, agar hasilnya dapat dirasakan masyarakat.


Kepala Dinas PMD Mesuji Lampung, Anwar Pamuji ketika dikonfirmasi lewat telpon selulernya meminta agar semua masyarakat dan intansi terkait, ikut mengawasi jalannya pembangunan DD, mengingat penggunaan DD harus dipertanggung jawabkan.




(Mumu Mahfudin/Yusri)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama