Tim Gabungan Padamkan Karhutla di Desa Kute Siantan


Tim Gabungan Padamkan Karhutla di Desa Kute Siantan

Kades dan Tim Gabungan melakukan Pemadaman Api-
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Hutan dan lahan di Desa Batu Ampar Kecamatan Kute Siantan terbakar. Kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla) itu terjadi sekitar pukul 12.30 WIB. Selasa (30/05/2023).


Terkait kebakaran itu, Iskandar Kepala Desa Batu Ampar menyebutkan bahwa saat terjadi Karhutla itu, pihaknya sedang melakukan Rapat Pemerintah Desa.


" Kami saat rapat sekitar jam 13.30 WIB.,  tiba - tiba salah satu warga masyarakat datang ke kantor desa dan mengatakan telah terjadi kebakaran, lalu saya arahkan ke salah satu staf saya Pak Kadus untuk ke lapangan memastikan laporan dari masyarakat. Setelah selesai rapat desa pada jam 14.20 WIB. Saya langsung menuju lokasi tempat kejadian kebakaran. Lalu melakukan koordinasi ke tim gabungan yang sudah ada di lapangan. " Ucap Iskandar.


 atas laporan tersebut bahwasanya kejadian kebakaran kurang lebih sekitar jam 12.30. Di tempat kejadian ," ucapnya kepada awak media saat dihubungi.


"  Alhamdulillah tidak ada terjadi korban jiwa, sementara untuk luas hamparan yang terdampak dari kebakaran ini sekitar 300 meter dan masih jauh dari permukiman warga masyarakat, tetapi kalau dari badan jalan umum kurang lebih sekitar jarak 25 meter karena bertepatan di area jalan simpang tiga menuju wilayah perbatasan dengan mansing- masing desa lain. Ada 2 titik yang menjadi investigasi dari pihak terkait dan masih kita dalami atas terjadinya indikasi kebakaran, " lanjutnya.


Terangnya lagi, sekitar kurang lebih jam 17.20 sebelum meninggalkan area tersebut, pihaknya kembali melakukan monitoring finishing.


" Kami  melakukan penyemprotan air di masing - masing titik bekas kebakaran untuk memastikan lagi bahwa sudah tidak ada titik api," ucapnya.


Iskandar juga menyampaikan bahwa pihaknya, sebelum kejadian kebakaran seperti itu sudah menginformasikan kepada masyarakat mengingatkan atau mengimbau warga atas kondisi panas dan kering saat ini.


" Saya tepatnya pada pertengahan bulan April lalu pada saat pembagian BLT, sudah saya sampaikan di dalam forum rapat desa melalui Bhabinkamtibmas tentang cuaca yang panas dan kering. Kami  mengingatkankan kepada petani yang selalu ke kebun agar mengurangi pembakaran dan ketika melakukan pembakaran mohon berhati -hati atau dicek kembali sebelum ditinggalkan," Jelas Iskandar saat awak media.


" Insya Allah hari Sabtu ini kita akan melakukan pembagian BLT tahapan ke 6, akan saya pertegaskan kembali kepada warga masyarakat untuk  lebih berhati -hati lagi, karena kejadian ini sudah terjadi. Besok dari Pemerintah Desa juga akan mengeluarkan surat imbauan dan akan kita pasang dan tempelkan di papan informasi di setiap wilayah RT masing - masing dan juga papan imbauan dari Polri juga akan kita pasang di area simpang tiga agar orang yang melintas di jalan simpang tiga di saat keluar masuk wilayah lebih jelas melihat dan membaca imbauan tersebut," urainya.


Tim gabungan yang melakukan pemadaman api tersebut dari, Kapolsek Palmatak  Iptu Jamil beserta jajarannya, Koramil 077 Palmatak, Babinkamtibmas, BPBD, DAMKAR, Camat dan para staf desa beserta masyarakat yang ikut membantu dalam pemadaman api.

Tim Gabungan


Yuni S

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama