Sosialisasi Juknis P2L di Lingga, Warga Minta Pembangunan Jalan hingga Bandwith Provider


Sosialisasi Juknis P2L di Lingga, Warga Minta Pembangunan Jalan hingga Bandwith Provider

Sosialisasi Juknis P2L di Lingga, Warga Minta Pembangunan Jalan hingga Bandwith Provider
Bupati Lingga (Tengah)

LINGGA I KEJORANEWS.COM : Pemerintah Kabupaten Lingga Melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) melaksanakan Sosialisasi Petunjuk teknis Pemekaran Pangan Lestari (Juknis P2L) di halaman Kantor Desa Mentuda, Kecamatan Lingga, Lingga - Kepri.

Hadir dalam kegiatan, Bupati Lingga M. Nizar dan didampingi Ibu Bupati sekaligus Ketua TP PKK Maratusholiha disambut baik oleh Sekretaris Desa dan masyarakat Mentuda pada kegiatan sosialisasi Juknis P2L, (4/4).

Dalam sambutannya, Kepala Desa yang diwakilkan oleh Sekretaris Desa, Haidir menyampaikan beberapa harapan untuk Desa Mentuda seperti penambahan bandwith baik untuk provider XL maupun Telkomsel serta Pembangunan Jalan Darat dari Desa Mentuda ke Sei Tenam dapat terealisasi.

"Kami berharap agar Pemkab Lingga dan Bapak Bupati dapat memberikan penambahan Bandwith baik Provider XL maupun Telkomsel dan Pembangunan Jalan dari Desa Mentuda langsung ke Sei Tenam dapat terealisasikan," terangnya.

Berikutnya, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), Gandime Diyanto mengatakan bahwa Pekarangan Pakan Lestari (P2L) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kelompok Masyarakat (Pokmas) dengan memanfaatkan pekarangan sebagai sumber kebutuhan gizi dan ekonomi anggota kelompok.

Sosialisasi Juknis P2L dilaksanakan di Lima Desa yang ada di Kabupaten Lingga, Desa tersebut adalah Desa Marok Tua, Desa Posek, Kelurahan Pancur, Desa Sungai Harapan dan terakhir Desa Mentuda.

Lanjutnya,  kegiatan Pekarangan Pakan Lestari (P2L) merupakan kegiatan Pemerintah Pusat namun berdasarkan SK Bupati yang penerapannya daerah Stunting.

"Pekarangan Pakan Lestari (P2L) merupakan kegiatan Pemerintah Pusat namun berdasarkan SK Bupati yang penerapannya daerah Stunting dan kegiatan ini dilaksanakan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) dengan tujuannya untuk peningkatan gizi dan penurunan stunting," terangnya lagi.

Sosialisasi Juknis P2L di Lingga, Warga Minta Pembangunan Jalan hingga Bandwith Provider
Suasana Kegiatan
Selanjutnya,  sambutan dan arahan  Ketua TP PKK Lingga, Maratusholiha mengatakan bahwa Kabupaten Lingga menjadi penyumbang nomor satu stunting dan Desa Mentuda sudah tiga kali berturut-turut angka stunting tidak menurun.

"Untuk itu saya mengajak Bapak dan Ibu untuk komitmen dan bertanggungjawab untuk menurunkan angka Stunting melalui Pekarangan Pekan Lestari (P2L)," ungkapnya.

Lanjutnya, melalui DPKP Lingga mengusulkan anggaran untuk P2L ke Pemerintah Pusat sebesar Rp 60 Juta, dan nantinya anggaran ini langsung diberikan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT).

"Mudah-mudahan kegiatan ini berlangsung setiap tahun, sehingga dengan adanya P2L dan adanya komitmen dan tanggungjawab KWT maka peningkatan gizi semakin tinggi dan angka stunting menurun," tutupnya.

Menyikapi apa yang disampaikan pada kegiatan, terakhir Bupati Lingga. M.Nizar menyampaikan agar Kepala Desa, Sekdes, BPD, RT dan RW bersama-sama untuk mengontrol Kegiatan P2L ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan  terkait penambahan bandwith sudah disampaikan kepada Diskominfo dan pembangunan jalan Desa Mentuda ke Sei Tenam sudah disampaikan ke Dinas PU.

"Saya berharap untuk Kepala Desa, Sekdes, BPD, RT Dan RW dapat mengontrol kegiatan P2L ini sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik dan untuk penambahan bandwith saya sudah sampaikan kepada Kepala Dinas Kominfo dan InsyAllah akan diberikan dan untuk pembangunan jalan dari Desa Mentuda ke Sei Tenam sudah sampaikan ke Dinas PU dan InsyAllah akan dikerjakan," pungkasnya.

Pada kegiatan sosialisasi ini, turut hadir Ketua BPD, Guru SD dan SMP yang ada di Desa Mentuda dan Tokoh Masyarakat dan masyarakat Desa Mentuda.


Pemkab Lingga
Editor:
Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama