Warga Desak BBWS Citanduy Perbaiki Jalan Bebedahan


Warga Desak BBWS Citanduy Perbaiki Jalan Bebedahan

 

Rusak Parah, Kondisi Jalan Bebedahan Kelurahan Purwaharja kini kondisinya rusak parah akibat proyek BBWS Citanduy

Banjar | Kejoranews.com : Sampai saat ini, Pihak BBWS Citanduy belum memperbaiki Dampak Pekerjaan Pembanguan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Bantarheulang yang mengakibatkan Jalan Bebedahan di kelurahan Purwaharja Rusak parah.


Warga sekitar jalan tersebut mendesak pihak BBWS Maupun perusahaan untuk mempertanggung jawabkan janjinya saat sosialisasi pekerjaan dilaksanakan.


"Kami hanya menagih janji mereka saja, mereka berjanji akan memperbaiki fasilitas yang rusak akibat dampak proyek",tegas Asep (46) Warga Pulomajeti, Kelurahan Purwaharja, Rabu,23-4.


Menurut Asep, jalan tersebut rusak akibat banyaknya kendaraan proyek yang melintas membawa matrial dalam jumlah banyak.


"Dulu sehari puluhan dump bawa matrial lewat sini, kan di perempatan ada batching plant, jadi mobil pasir, mobil semen, mobil split lewat sini",jelasnya. 


Senada, Hendra Sudrajat, tokoh masyarakat Lingkungan siluman purwaharja menambahkan, pada saat sosialisasi sebelum proyek dimulai, Ia pernah mengingatkan kepada Pihak BBWS Citanduy dan Pihak Perusahaan, jika ada Dampak dari pekerjaan baik jalan ataupun fasilitas lainya yang rusak, dirinya dan masyarakat meminta untuk diperbaiki.


"Ini adalah bentuk tanggung jawab dari BBWS Citanduy maupun perusahaan untuk memperbaiki jalan dan fasilitas lainya, Dulu ada janji ,karena jalan sebelumnya bagus dan jika selesai proyek jika jalan rusak akan diperbaiki lagi, Namun sampai hari ini, tidak ada itikad dari BBWS Citanduy ataupun dari perusahaan untuk memperbaikinya",tegasnya.


Hendra menjelaskan, beberapa jalur yang rusak dampak proyek tersebut yakni, jalur perkebunan jati sampai dengan keramat rusak parah. Menurut Hendra, melihat tidak ada itikat dari BBWS Citanduy dan Perusahaan, Dirinya pernah berkoordinasi dengan pihak Dinas PU Kota Banjar untuk mempertanyakan permasalah perbaikan jalan tersebut namun belum ada jawaban.


"Kata Dinas PU, Pihaknya akan koordinasi dengan pihak BBWS, namun sampai detik ini belum ada tanggapan",ucapnya.


Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PUTR Kota Banjar Agus Saparudin, membenarkan, Jalan Bebedahan pernah dibangun Dari Anggaran APBD Kota Banjar Tahun 2020 dengan nilai Rp. 1,3 M.


"Iya, dulu tahun 2020 pernah diperbaiki",ungkapnya, kamaren.


menurut Agus, untuk memperbaiki jalan bebedahan yang rusak akibat dampak proyek BBWS, dirinya mengaku telah memperbaiki sebagian jalan dengan pemeliharaan rutin.


"Kita sudah laksanakan pemeliharaan rutin, dan  untuk pemeliharaan periodik sementara belum ada anggaran",ibuhnya.


Menurut Agus, Pada saat pelaksanaan Pekerjaan Proyek, pihak BBWS tidak berkoordinasi dengan pihak Dinas PUTR untuk menggunakan jalan Bebedahan sebagai jalur proyek. Seharusnya, lanjut Agus, pihak BBWS sebelum melaksanakan pekerjaan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan.


"Belum koordinasi dan Pihak BBWS Pun tidak ada koordinasi, Harusnya dulu pihak BBWS Harus koordinasi dengan dishub, perihal tonase kendaraanya",jelasnya.


Agus berharap, karena keterbatasan Anggaran Daerah untuk perbaikan jalan bebedahan, dirinya meminta kepada pihak BBWS Citanduy untuk memperbaiki jalan tersebut.


"Harapannya pihak BBWS Citanduy bisa memperbaiki jalan yang rusak, karena disini anggaranya terbatas",pungkasnya. ( AO ).


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama