Peduli Pendidikan, Lapas Brebes Fasilitasi Ujian Sekolah Anak Berhadapan dengan Hukum


Peduli Pendidikan, Lapas Brebes Fasilitasi Ujian Sekolah Anak Berhadapan dengan Hukum


BREBES  I  KEJORANEWS.COM : Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Brebes Kemenkumham Jateng fasilitasi pelaksanaan penilaian ujian bagi salah satu Anak Berkonflik dengan Hukum (ABH) sebagai bentuk Lapas Brebes peduli pendidikan, Selasa (7/3/2023).


Pelaksanaan Ujian ini dilaksanakan di Ruangan Kasi Binadik, Lapas Kelas IIB Brebes. Kepala Lapas Brebes, Isnawan menyampaikan "Ini merupakan bentuk peduli Lapas Brebes kepada pendidikan, ABH juga memiliki hak untuk melanjutkan pendidikan,"Ujar Isnawan.


Isnawan mengungkapkan bahwa pihak Lapas. Brebes telah menerima surat dan kunjungan dari pihak sekolah untuk melaksanakan Ujian kepada salah satu ABH Lapas Brebes. 


Mengetahui hal tersebut, Isnawan memerintahkan petugasnya untuk memfasilitasi Ujian tersebut. Kalapas mengungkapkan hal ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen Lapas Brebes dalam mendukung keberlanjutan pendidikan bagi ABH.


"Lapas Kelas IIB Brebes berkomitmen mendukung keberlanjutan pendidikan bagi Anak yang Berkonflik dengan Hukum, Tahanan, ataupun Narapidana, "Ujar Isnawan.


Ia menyebutkan, melalui pendidikan seseorang bisa mendapatkan pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, tata perilaku lainnya untuk menunjang keberhasilan hidupnya, dan melanjutkan masa depannya.


"Dalam hal ini berarti pendidikan memiliki keterkaitan dengan pembangunan nasional. Pendidikan setiap Warga Negara dijamin dalam pasal 31 ayat 1 UUD 1945 yang menyatakan Setiap Warga Negara berhak mendapat pendidikan, "Pungkas Isnawan.


Isnawan menyebutkan, Undang-undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan juga menegaskan bahwa tahanan, narapidana, dan anak binaan berhak mendapatkan pendidikan. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya pendidikan bagi kehidupan.


(Salam)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama