Kementerian PUPR akan segera Melakukan Pembangunan dan Relokasi 100 Unit Rumah bagi Korban Longsor


Kementerian PUPR akan segera Melakukan Pembangunan dan Relokasi 100 Unit Rumah bagi Korban Longsor

Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Gerak pemerintah dalam menangani bencana alam longsor yang terjadi di Pulau Serasan, Kabupaten Natuna, cukup cepat. Dalam hitungan hari bala bantuan baik relawan, maupun bantuan logistik dan dalam bentuk lainnya, terus berdatangan ke Pulau Serasan. 


Selain itu, pejabat kementerian terkait juga tidak alfa untuk datang dan melihat dari dekat,  bencana alam yang terjadi. Diantara pejabat pemerintah pusat yang turun langsung ke Pulau Serasan adalah, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Menteri Sosial RI, Menteri  Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan anggota DPR RI, dari partai Golkar, Cen Sui Lan.


Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, bersama Menteri PMK  Muhadjir Effendy yang datang berbarengan pada Jum'at (10/3/2023) siang dengan menggunakan helikopter milik BNPB, langsung meninjau lokasi yang akan dijadikan relokasi bagi korban yang rumahnya habis tertimbun longsor.


Kepada wartawan, Menteri PUPR mengatakan pihaknya akan segera melakukan pembangunan dan relokasi 100 unit rumah bagi korban longsor. Sementara menyinggung lokasi untuk relokasi yang aman, Menko PMK Muhadjir Effendy memastikan lokasi yang dipilih aman dsri bencana alam.


"Kalau kita melihat potensi, semua wilayah berpotensi bencana alam, tapi sama ,- sama berdoa kalau tempat yang dipilih itu aman, dan tidak akan terjadi musibah yang sama lagi, " kata Muhadjir Effendy di Serasan (10/3/2023).



Sedianya ada 30 rumah yang menjadi korban longsor, namun pemwrintah membangun 100 unit rumah dikawasan relokasi, dengan mempertimbangkan ada beberapa rumah didekat lokasi longsor yang harus ikut dipindahkan karena berpotensi menjadi korban longsor jika ada bencana susulan.


Sementara itu Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan estimasi pembangunan rumah akan selesai dalam waktu 3 bulan kedepan.


"Prosesnya sudah mulai dari sekarang, kita gesa agar dapat segera ditempati oleh warga yang menjadi korban," kata Basuki.


Material pembangunan rumah relokasi dengan konsep RISSA (Rumah Instant Sederhana Sehat Aman)tersebut, sudah ada di Palembang.


"Tinggal nanti, Pak Kepala BNPB menghadap ke Mabes (TNI) minta bantu kapal untuk mengangkut material ke Pulau Serasan," tandas  Basuki.


(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama