HNSI Anambas Demo ke Kantor Cabang DKP Kepri, Pendemo Beri Warning ke Gubernur Ansar Ahmad


HNSI Anambas Demo ke Kantor Cabang DKP Kepri, Pendemo Beri Warning ke Gubernur Ansar Ahmad

HNSI Anambas saat Lakukan Aksi Unjuk Rasa-
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Nelayan yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas melakukan aksi unjuk rasa ke Kantor Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepulauan Riau (Kepri) di Dusun Antang, Desa Tarempa Timur, Kecamatan Siantan. Kamis, (16/03/2023).


Dalam aksi itu, ada 4 poin yang diminta HNSI Anambas, diantaranya 1. Evaluasi kinerja kantor Cabang DKP Kepri di Anambas, 2. Tuntaskan permasalahan nelayan Kabupaten Kepulauan Anambas, 3. Tingkatkan kesejahteraan nelayan Kabupaten Kepulauan Anambas dan 4. Tolak kapal cantrang dan jaring berkantong.


Plt. Ketua DPC HNSI Kabupaten Kepulauan Anambas, Dedi Syahputra dalam aksinya  meminta Gubernur Kepri untuk meninjau kembali kinerja kantor Cabang DKP Kepri yang berada di Anambas, dikarenakan beberapa tahun kebelakang cabang dinas ini itu tidak berfungsi bagi nelayan  masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas.


"Gubernur Kepri dengan secara sadar dan sengaja melakukan pembiaran bertahun-tahun terhadap buruknya pelayanan, pembinaan, pemberdayaan, perlindungan dan pengawasan di Cabang Dinas DKP Kepri di Anambas, padahal kantor Cabang Dinas DKP Kepri di Anambas adalah perpanjangan tangan pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang memiliki kewenangan laut dari 0-12 Mil. Nelayan di Kabupaten Kepulauan Anambas seperti anak tiri, ketimpangan dari sisi anggaran pengawasan laut dan bantuan-bantuan kepada nelayan, untuk itu kami meminta respon cepat dari Pak Gubernur,” Ujarnya melalui sambungan telepon seluler dari staf Kantor Cabang DKP Kepri.


Selain itu, HNSI Anambas juga memberi warning kepada Gubernur dan Kadis DKP Kepri, jika tidak ada respon dari aspirasi tersebut akan melakukan aksi besar-besaran.


Menanggapi aksi unjuk rasa yang dilakukan HNSI Anambas, Kepala DKP Provinsi Kepri Said Sudarajad langsung menghubungi melalui sambungan telepon seluler dari staf Kantor Cabang DKP Kepri.


Ia menyebutkan, tuntutan nelayan Anambas telah ia sampaikan ke Gubernur Kepri, Ansar Ahmad.


"Gubernur Ansar Ahmad nantinya akan melakukan kunjungan kerja ke Anambas, Insya Allah di bulan Ramadan ini, beliau akan Kunker ke Anambas. Kami sudah pesan ke biro Humas dan protokol supaya nantinya kunjungan pertama bisa langsung ke Anambas untuk memberikan solusi terkait persoalan kinerja DKP Cabang Anambas serta keberadaan nelayan di Anambas," ucapnya.


Lanjutnya,  Kepala Kantor Cabang DKP Kepri telah diganti dan dilantik, untuk dapat memperbaiki serta meningkatkan kinerja pelayanan di bidang kelautan dan perikanan.

Dedi Syahputra, Plt. Ketua DPC HNSI Kabupaten Kepulauan Anambas,


( Yuni S)



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama