Bupati Natuna Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2022


Bupati Natuna Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2022

Bupati Wan Siswandi dan Pimpinan DPRD Natuna -
NATUNA I KEJORANEWWS.COM : Bertempat di ruang rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Natuna, Jum'at (24/03/2023) digelar rapst paripurna terbuka, penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Natuna, tahun anggaran 2022.


LKPJ itu disampaikan langsung oleh Bupati Natuna  Wan Siswandi. Dalam laporannya Kepala Daerah Natuna ini  menyampaikan,  capaian kinerja pemerintah kabupaten Natuna tahun 2022 pada aspek kesejahteraan masyarakat antara lain, Indeks pembangunan manusia (IPM) pembangunan kualitas kehidupan masyarakat dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan menempatkannya sebagai subyek sekaligus obyek pembangunan.


Jika dilihat dari tahun 2020 sampai dengan tahun 2022, IPM di kabupaten Natuna menunjukkan tren yang positif.


" Nilai IPM kabupaten Natuna selalu mengalami kenaikan sampai pada tahun 2022 yang bernilai sebesar 73,47, berada di peringkat ke-4 se wilayah provinsi kepulauan riau setelah kota Tanjung Pinang, kota Batam, dan kabupaten Bintan," jelas Bupati.


Nilai IPM  yang diperoleh kabupaten Natuna pada tahun 2022 juga sudah tergolong ke dalam kategori “tinggi”.


Selain itu, usia harapan hidup di Kabupaten Natuna pada tahun 2022 mencapai 65,76 / tahun meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 65,31.


Hal ini menunjukan bahwa harapan hidup seorang bayi yang baru lahir diperkirakan akan hidup rata-rata 65 tahun.


Usia harapan hidup masyarakat kabupaten Natuna meningkat dari tahun ketahun, kondisi ini mengisyaratkan bahwa peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat semakin membaik.


Wan Siswandi menyampaikan, hal ini tidak terlepas dari komitmen pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui penyediaan fasilitas kesehatan semakin membaik dan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat juga semakin tinggi.


Pada poin ketiga, Pemkab Natuna mencatat, harapan lama sekolah pada tahun 2022 , mencapai 13,92 persen/ tahun, lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang hanya  13,91 persen / tahun.


Hal ini mengindikasikan bahwa anak sekolah di kabupaten Natuna memiliki peluang menamatkan pendidikan mereka hingga setingkat diploma II, dan pada tahun 2022 angka harapan lama sekolah di kabupaten Natuna diatas angka harapan lama sekolah provinsi Kepulauan Riau dan nasional serta urutan kedua tertinggi se provinsi kepri setelah kota tanjungpinang sebesar 14,14 tahun.


" Rata-rata lama sekolah masyarakat kabupaten Natuna pada tahun 2022 mencapai 8,96 persen/tahun meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 8,92 persen/tahun, tertinggi ke 3 setelah batam dan kota Tanjung Pinang, dan masih dibawah provinsi Kepri, hal ini mengindikasikan bahwa tingkatan pendidikan yang sedang ditempuh oleh penduduk Natuna usia 25 tahun keatas rata-rata masih setara duduk dibangku kelas 2 SLTP," tambah Bupati.


Kualitas pendidikan ini menunjukan bahwa kualitas sumber daya manusia masyarakat kabupaten Natuna masih perlu ditingkatkan. 



(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama