Agar Korban Bencana Longsor Serasan Dapat Kebutuhan Pokok, Kemensos akan Bangun Lumbung Sosial


Agar Korban Bencana Longsor Serasan Dapat Kebutuhan Pokok, Kemensos akan Bangun Lumbung Sosial

Kemensos saat di Posko Penampungan Korban Longsor-
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Pemerintah akan membangun lumbung sosial di setiap wilayah di Pulau Serasan.  Lumbung sosial merupakan sarana untuk membantu masyarakat terdampak bencana agar tetap memiliki akses terhadap kebutuhan pokok.  


Menteri Sosial Tri Rismaharini saat meninjau Desa Payak Kecamatan Serasan Timur yang terisolasi akibat longsor yang terjadi di Pulau Serasan pada pekan lalu menjelaskan,  lumbung sosial tersebut tidak hanya berisi bahan makanan, tetapi juga ada kebutuhan lainnya, seperti genset, bahan bakar, perahu karet, penjernih air, pompa air, dan tenda. Dengan adanya lumbung sosial di tiap wilayah maka pemerintah desa maupun kecamatan tidak perlu menunggu bantuan dari pemerintah kabupaten atau pusat jika terjadi bencana.


"Lumbung sosial ini penting agar ketika ada musibah warga tidak kekurangan bahan makanan dan lainnya, jadi lumbung sosial ini selain berisi keperluan makanan juga berisi, pempers, genset, solat sel, dan lainnya keperluan masyarakat," jelas Mensos Tri Rismaharini, Jum'at (10/3/2023).


 Mensos Risma minta agar Kepala Desa segera mengusulkan pembentukan Lumbung sosial kepada pemerintah kabupaten agar dapat diteruskan kepada Kemensos.


"Kepala Desa bisa usulkan itu untuk pembentukan lumbung sosial, gak usah tunggu - tunggu lagi," tambahnya.


Dikutip dari website kemensos, Kementerian Sosial selalu mendirikan lumbung sosial di kawasan rawan bencana. Dengan lumbung sosial, diharapkan dampak bencana tidak menutup akses masyarakat terhadap bahan persediaan kebutuhan hidup. 


Atas arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini, Kemensos telah mendirikan lumbung sosial di sejumlah kawasan bencana di tanah air. Lumbung sosial yang disiapkan Kementerian Sosial merupakan salah satu bentuk mitigasi bencana.


(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama