6 Tips Belanja Ramadan Supaya Tetap Hemat


6 Tips Belanja Ramadan Supaya Tetap Hemat

KEJORANEWS.COM : Saat bulan Ramadan biasanya pengeluaran belanja bulanan akan meningkat. Selain karena faktor meningkatnya harga-harga kebutuhan pokok, ketika berbuka puasa banyak orang cenderung membeli banyak makanan yang berujung pada pemborosan. Padahal jika bisa menyiasatinya, hal ini tidak akan terjadi. Itulah kenapa, sangat penting bagi Anda mengetahui tips belanja Ramadan yang tepat agar pengelolaan keuangan selama bulan Ramadan tetap hemat dan keuangan tetap stabil.

 

Lalu apa saja yang sebaiknya dilakukan agar biaya belanja selama bulan Ramadan bisa tetap hemat? Di bawah ini penjelasannya.

 

  1. Buat rencana menu makanan selama Ramadan

Persiapan pertama adalah membuat rencana menu makanan yang akan dimasak selama Ramadhan. Dengan melakukan hal ini, langkah Anda selanjutnya bisa lebih terarah mengingat Anda sudah tahu kebutuhan apa saja yang akan dibeli untuk memasak menu sahur dan berbuka. Untuk hal ini, Anda bisa menyiapkan daftar menu makanan sahur dan berbuka untuk satu minggu ata bahkan untuk satu bulan penuh.

 

  1. Membuat daftar belanja kebutuhan saat Ramadan

Sebelum berbelanja bahan makanan dan kebutuhan pokok lainnya, pastikan Anda sudah periksa kebutuhan di rumah dan membuat daftar belanja yang detil dan terperinci. Hal ini akan sangat membantu ketika berbelanja dan tentunya akan membuat Anda terhindar dari berbelanja sesuatu yang tidak dibutuhkan.

 

  1. Konsisten untuk memasak makanan sendiri

Setelah membuat 2 hal di atas, tentunya akan percuma jika setelah berbelanja semua kebutuhan pada daftar belanja namun Anda tidak menjalankannya. Akan lebih hemat jika Anda memasak di rumah dibandingkan berbuka puasa di restoran atau di tempat makan lainnya. Sesekali boleh saja jika Anda dan keluarga ingin berbuka puasa di luar rumah namun membatasi hal ini dan konsisten memasak di rumah akan menjaga keuangan Anda tetap sehat dan stabil selama bulan Ramadhan. 

 

  1. Memasak menu takjil yang diinginkan

Keberadaan menu takjil saat berbuka puasa menjadi suatu keharusan untuk banyak orang. Memang menu takjil menjadi  jajanan populer saat bulan Ramadan. Banyaknya pedagang takjil dan pilihan menu yang tersedia kadang membuat seseorang bingung dan seakan ingin membeli semuanya yang tentunya berdampak pada pengeluaran bulanan. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya Anda membuat menu takjil sendiri di rumah. Selain lebih hemat, Anda akan terhindar dari tambahan pengeluaran selama bulan Ramadan.

 

  1. Memasak menu yang sama untuk sahur dan berbuka

Selain lebih hemat biaya, tips ini juga bisa menghemat energi Anda selama berpuasa. Pilih menu masakan yang awet dan tidak mudah basi agar bisa dihangatkan lagi saat sahur. Contoh makanan yang bisa dihangatkan seperti gulai ayam, rendang sapi, sayur asem dan lain sebagainya. 

 

  1. Mencari alternatif yang lebih murah

Setelah sebelumnya membuat rencana belanja yang terperinci,  ada baiknya Anda mencari alternatif tempat belanja yang lebih murah dan mencari penawaran menarik yang banyak ditemukan selama bulan Ramadan. Karena di bulan ini terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak pusat perbelanjaan memberikan banyak diskon serta penawaran menarik lainnya.

 

Namun untuk menghemat energi Anda dan mendapatkan pengalaman berbelanja yang praktis dan hemat waktu, banyak orang beralih dengan berbelanja secara online untuk memenuhi semua kebutuhannya. Ditambah lagi, banyak marketplace yang memberikan penawaran menarik selama bulan puasa. Seperti Blibli yang menawarkan banyak promo dan diskon menarik, Ongkir gratis hingga cashback. Di bulan Ramadan ini, Blibli memiliki promo event “Ga Sabar Ramadhan” yang berlangsung pada 4-14 April 2023 dengan diskon hingga 70%.

 

Jadi Ga Sabar Ramadan tak kunjung tiba karena ingin segera borong pahala? Mumpung bulan puasa masih seminggu lagi, segera penuhi semua kebutuhan belanja Ramadhan Anda di Blibli agar saat Ramadhan tiba, Anda pun bisa lebih fokus beribadah tanpa repot memikirkan menu sahur dan berbuka.


Redaksi

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama