Natuna Bisa Dijadikan sebagai Lumbung Pertanian


Natuna Bisa Dijadikan sebagai Lumbung Pertanian

Kadis Pertanian Kepri, Rika Azmi-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Riau, Rika Azmi, menyampaikan bahwa Kabupaten Natuna dianugrahi oleh Tuhan tanah subur yang sangat berpotensi untuk menjadi lahan pertanian. Hal ini dapat dilihat bagaimana berbagai jenis tanaman palawija dan sayur -mayur dapat tumbuh subur di sejumlah kecamatan di Natuna. 


" Dilihat dari struktur tanah, Kabupaten Natuna memiliki potensi untuk menjadi lumbung berbagai jenis komoditas pertanian, seperti jagung, singkong, padi dan lainnya. Banyak lahan tidur yang sangat berpotensi untuk dikembangkan, dan jika dilakukan dengan serius dapat menjadi lumbung pertanian bagi daerah lainnya," ujar Rika Azmi, melalui sambungan telepon, Selasa (28/2/2023).


Namun hal itu tambah Rika, kembali kepada keinginan dan kemauan masyarakat setempat, untuk mengembangkan pertanian di wilayahnya masing - masing.


Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau sendiri dalam upaya membantu petani Natuna mengembangkan lahan pertanian, telah melaksanakan program bantuan pengadaan bibit cabe dan pupuk untuk  petani di Kecamatan Bunguran Selatan seluas 20 hektar, pada tahun 2022 lalu.


Sementara itu pemerintah Kabupaten Natuna melalui dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Natuna telah mendata potensi pertanian di Natuna. Menurut Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Natuna, Asmara Juana Suhardi, ada 2 potensi pertanian untuk dikembangkan di Natuna, yakni Jagung dan Padi.


" Kalau untuk jagung itu kita ada 200 lahan yang sudah siap untuk dikembangkan, dan padi ada 150 lahan semuanya di Kecamatan Bunguran Batubi, " kata Asmara Juana Suhardi.


Untuk peningkatan produksi pertanian dengan fokus pada komoditas pertanian yang memiliki potensi untuk dikembangkan di Natuna tidak hanya keseriusan dari pemerintah saja, namun juga masyarakat terutama petani dalam pengembangan lahan pertanian.

(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama