LKKPN Pekanbaru Wilker Anambas Gelar Bimbingan dan Penyuluhan ke Kelompok Masyarakat Pengelola Kawasan Konservasi


LKKPN Pekanbaru Wilker Anambas Gelar Bimbingan dan Penyuluhan ke Kelompok Masyarakat Pengelola Kawasan Konservasi

KUB Simbang Laut-
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Wilayah Kerja ( Wilker) Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional  (LKKPN) Pekanbaru memberikan bimbingan dan penyuluhan terhadap kelompok masyarakat dalam meningkatkan peranan dan kepedulian terhadap kawasan konservasi perairan laut di Kepulauan Anambas.Kamis (23/02/2023).


Dalam kegiatan yang diadakan di Desa Sri Tanjung, Kecamatan Siantan ini, Ketua Tim LKKPN Pekanbaru, wilayah kerja Kepulauan Anambas, Andriyanto Hanif, S. Pi mengatakan bahwa Loka KKPN Pekanbaru sebagai pengelola Kawasan Konservasi Kepulauan Anambas memiliki peranan penting dalam menjaga ekosistem biota yang dilindungi.


" Kedatangan kami dalam upaya pendampingan kepada kelompok-kelompok masyarakat yang bergerak di bidang konservasi. Secara khusus kami juga memberikan masukan mengenai pengelolaan ekosistem mangrove, biota penyu, dan pemanfaatan perikanan tangkap dalam upaya meningkatkan kualitas ekologi dan ekonomi bagi masyarakat di sekitar Kawasan Konservasi Kepulauan Anambas," ucapnya.


Lanjutnya, fokus utama pihaknya adalah melakukan sinergitas dan penguatan kapasitas kepada komunitas konservasi mangrove, penyu alam, dan karang (KOMPAK) selain itu juga terhadap kelompok usaha bersama (KUB), Kelompok Simbang Laut dan Kelompok Anggoli.


Ia juga menyampaikan bahwa Tim LKKPN Pekanbaru Wilker Kepulauan Anambas telah mendatangi sekretariat Komunitas KOMPAK yang berada di Desa Tarempa Barat, yang diketuai oleh Syahrul Hidayat dan Junaidi sebagai Sekretaris.


" Kompak itu bergerak di bidang pelestarian lingkungan dan perlindungan biota penyu di Kabupaten Kepulauan Anambas. Dalam melakukan kegiatan tersebut KOMPAK Juga berkolaborasi dengan Kelompok Masyarakat KOMDET yang sudah melakukan penanaman mangrove selama 9 tahun. Kegiatan konservasi yang telah dilakukan oleh KOMPAK itu dikemas dalam bentuk edukasi pelestarian lingkungan, penanaman mangrove, dan aksi bersih laut serta pantai. Kami meninjau langsung ke lokasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh KOMPAK, yaitu pembibitan mangrove di Kawasan Konservasi Mangrove Pantai Senggalong, Desa Temburun, Kecamatan Siantan Timur," jelasnya. 


Selain itu katanya, komunitas KOMPAK juga merencanakan pengembangan kegiatan ekowisata penyu di Pulau Pahat, namun demikian terdapat kelemahan dan keterbatasan. 


" Menghadapi kelemahan dan keterbatasan itu, mereka mengharapkan adanya pendampingan dan penguatan kapasitas dari Loka KKPN Pekanbaru," tambah Andriyanto Hanif, S. Pi. 


Kemudian dirinya juga menyampaikan, bahwa dua kelompok masyarakat lainnya, seperti Kelompok Usaha Bersama (KUB) Anggoli dan KUB Simbang Laut yang berada di Desa Sri Tanjung,  bergerak di bidang pemanfaatan khususnya penangkapan ikan disambut baik oleh kelompok KOMPAK dan KOMDET.


" Kegiatan yang dilakukan oleh kelompok penangkapan ikan, dan perlindungan kawasan konservasi ini  telah pernah mendapatkan penguatan kapasitas berupa sarana dan prasarana melalui bantuan dari Loka KKPN Pekanbaru pada tahun 2019,"tambahnya. 


Dalam kegiatan tersebut Andri juga didampingi Samsul Bahri, S. Pi, Ganang Wibisono, S.Kel, Leonard Unduk Simbolon, S.I.k dan Penyuluh perikanan Dewi Asparini, S.I.k.


( Yuni S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama