Jadikan Membaca Sebagai Budaya Dalam Keseharian, Pemkab Lingga Kukuhkan Duta Baca


Jadikan Membaca Sebagai Budaya Dalam Keseharian, Pemkab Lingga Kukuhkan Duta Baca

Jadikan Membaca Sebagai Budaya Dalam Keseharian, Pemkab Lingga Kukuhkan Duta Baca
Duta Baca Lingga (Tengah - Batik Biru/Foto by Pemkab Lingga)

LINGGA I KEJORANEWS.COM : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lingga menggelar pengukuhan Duta Baca sebagai penyambung lidah program pemerintah serta sebagai penggerak hati masyarakat agar mau menjadikan aktivitas membaca sebagai budaya dalam keseharian.

Dalam sambutannya, Bunda Literasi Kabupaten Lingga, Maratusholiha Nizar dalam sambutannya mengatakan duta baca ini nantinya dapat sebagai seorang influencer, opinion leader, motivator, penggerak hati masyarakat, agar mau menjadikan aktivitas membaca sebagai budaya dalam keseharian.

"Saya berharap dengan kehadiran Duta Baca, ke depannya dapat meningkatkan motivasi masyarakat di Kabupaten Lingga dalam membaca dan mengembangkan literasi," terangnya usai melasksanakan pengukuhan DUta Baca, (27/2).

Berikutnya, Duta Baca Kabupaten Lingga, Bob Edwin Normande mengatakan, terpilih sebagai duta baca merupakan tanggung jawab yang besar dalam meningkatkan minat baca dan semangat literasi terhadap masyarakat di Kabupaten Lingga.

"Ini merupakan suatu amanah dan tanggung jawab yang harus saya kerjakan ke depannya,” katanya, yang mana sebelumnya terpilih sebagai Duta Baca Remaja Provinsi Kepulauan Riau tahun 2009.

Jadikan Membaca Sebagai Budaya Dalam Keseharian, Pemkab Lingga Kukuhkan Duta Baca
Suasana Pengukuhan Duta Baca, Disaksikan Bupati Lingga (Kiri) dan Bunda Leterasi Lingga (Kanan/Foto by Pemkab Lingga)
Di tempat yang sama, Bupati Lingga, M. Nizar berharap dengan pengalaman yang pernah dijalani sebagai Duta Baca Remaja Provinsi Kepulauan Riau tahun 2009, diharapkan dapat diterapkan juga ilmu dan pengalamannya di Kabupaten Lingga.

"Jika yang kecil dibiasakan maka akan menjadi besar, salah satunya dengan gemar kita membaca. Budaya membaca ini hendaknya dimulai dari pimpinan, sehingga dapat menjadi contoh untuk masyarakat dan yang lainnya," terangnya.

Diakhir sambutannya, Bupati Lingga meminta kepada masing-masing OPD agar menyiapkan Pojok Baca pada dinas masing-masing. Dan menghimbau kepada seluruh OPD pada setiap perjalanan Dinas Luar masing-masing pimpinan membeli 1 buah buku untuk disumbangkan kepada pihak literasi atau duta baca Kabupaten Lingga.

Selanbjutnya, pada kegiatan dilangsungkan dengan penyerahan kunci mobil perpustakaan keliling secara simbolis oleh Bupati Lingga kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Lingga.

Hadir pada pengukuhan, Bupati Lingga, Ketua TP PKK Kabupaten Lingga yang juga sebagai Bunda Literasi Lingga, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Kepala Barenlitbang serta beberapa perwakilan dari masing-masing OPD dalam ruang lingkup pemerintahan Kabupaten Lingga.



Pemkab Lingga

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama