Peserta JKN Lupa Bawa KIS, Gunakan KTP Akses Layanan Faskes di Batam


Peserta JKN Lupa Bawa KIS, Gunakan KTP Akses Layanan Faskes di Batam

Peserta JKN Lupa Bawa KIS, Gunakan KTP Akses Layanan Faskes di Batam
Kartu JKN dan KTP

BATAM I KEJORANEWS.COM : Kepala Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Batam. Moh. Irham Syahbana mengatakan bahwa kebijakan terkait penggunaan KTP sebagai identitas peserta JKN sudah disampaikan kepada seluruh Fasilitas Kesehatan mitra BPJS Kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan agar dapat melayani peserta JKN yang menggunakan KTP untuk mengakses layanan.

"Kami sudah berkolaborasi dengan Faskes. Dipastikan tidak ada Faskes yang akan melakukan penolakan kepada peserta JKN yang tidak atau lupa membawa KIS untuk berobat, sebab kini peserta cukup menggunakan KTP saja," katanya, (26/12).

Hal tersebut disampaikannya, dimana kini setiap peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang ingin memperoleh layanan di Fasilitas Kesehatan (Faskes) dapat menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercantum di dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) tanpa harus menunjukkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang selama ini menjadi identitas peserta JKN.

Tentunya hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan peserta dalam hal mengakses layanan kesehatan. Semoga semakin banyak peserta yang mengetahui informasi ini dan memanfaatkan kemudahannya.

Salah satu peserta Program JKN dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU), Nur Rahmat menceritakan pengalamannya mengakses layanan kesehatan ke FKTP hanya dengan menggunakan KTP saja.

"Ketika saya hendak ke klinik beberapa waktu yang lalu, saya tidak berhasil menemukan KIS, sehingga berangkatlah saya tanpa membawa KIS tersebut. Dalam kondisi yang sudah sakit sekali, saya tiba-tiba teringat bahwa untuk mengakses layanan di klinik maupun RS, peserta dapat menggunakan KTP," katanya.

Lanjutnya mengaku mendapatkan pelayanan, obat, dan tindakan dari klinik serta dirujuk ke rumah sakit tanpa membayar sedikitpun. Pelayanan yang diberikan juga dinilai ramah tanpa membedakan peserta. "Alhamdulillah, menjadi peserta JKN bisa mengakses layanan dengan mudah, tidak dipersulit dan pastinya bermanfaat," terangnya.

Peserta yang mengakses layanan karena radang usus buntu, berharap Program JKN yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan semakin baik dari waktu ke waktu. Memberikan kemudahan dengan berbagai inovasi agar peserta semakin nyaman dalam mengakses layanan kesehatan.



BPJS Kesehatan Batam
Editor:
Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama