Peringati HDI 2022, Berikut Pesan Tegas Ketua TP-PKK Kepri


Peringati HDI 2022, Berikut Pesan Tegas Ketua TP-PKK Kepri

Peringati HDI 2022, Berikut Pesan Tegas Ketua TP-PKK Kepri
Suasana Kegiatan

KEPRI I KEJORANEWS.COM: Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2022 , Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Hj.Dewi Kumalasari Ansar menghadiri kegiatan 'Sehari bersama Anak Penyandang Disabilitas', dengan harapan dapat kembali meningkatkan kesadaran masyarakat akan hak penyandang Disabilitas yang harus dipenuhi.

Saat ini berdasarkan data SUSENAS tahun 2020 populasi penyandang disabilitas kelompok usia 2-18 tahun kategori disabilitas sedang dan berat mencapai 7 persen atau sekitar 2,48 juta anak penyandang disabilitas.

"Di Indonesia sendiri anak-anak penyandang disabilitas masih menghadapi persoalan yang pelik, mulai dari sisi tumbuh kembang anak dan juga dari sisi perlindungan khusus," terang Ketua TP-PKK Kepri, di Lapang Gedung Nasional Tanjung Uban. Bintan - Kepri, (3/12).

Lanjutnya, dari sisi perlindungan anak, masih banyak keluarga yang merasa harus menyembunyikan anak disabilitasnya dari lingkungan dengan alasan malu.  Sehingga hal tersebut membuat anak disabilitasnya mendapatkan akses  pendidikan dan masa depan yang terbatas.

"Sudah saatnya kita bersama-sama menghentikan segala perlakuan tidak adil, perundungan dan berbagai perlakuan salah terhadap anak penyandang disabilitas tersebut. Mari kita dengarkan suara mereka agar kita dapat mengembangkan potensinya. Stop, stigma negatif anak disabilitas ! Saatnya kita bangun kesetaraan bagi anak Disabilitas," tegasnya.

Berikutnya, Hj.Dewi Kumalasari Ansar menyampaikan  agar seluruh pihak dan stage holder di lingkungan pemerintah provinsi Kepri lebih aktif dalam mendorong masyarakat Kepri untuk lebih memahami dan mengerti tentang pemenuhan hak disabilitas.

"Anak penyandang disabilitas juga mempunyai hak dalam mendapatkan perawatan dan pengasuhan yang baik dari keluarga atau keluarga penggantinya," pungkasnya, dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan pemenuhan nutrisi kepada Lansia sebanyak 300 paket, 101 Atensi, 76 kursi roda, 50 alat bantu dengar dari Sentra Terpadu Pangudi luhur Bekasi kepada Kabupaten Bintan dari Kementerian Sosial RI.



Pemprov Kepri
Editor:
Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama