Pengungsi Korban Banjir di Natuna Sudah Mulai Kembali ke Rumah


Pengungsi Korban Banjir di Natuna Sudah Mulai Kembali ke Rumah

BPD dan Bantuan Korban Banjir-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Pengungsi korban Banjir di Natuna masih dalam penanganan pemerintah  bersama komunitas warga. Perhari ini,  Jumat  (16/12/2022), jumlah pengungsi tersebut dinyatakan mulai berkurang. 


Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Natuna, Raja Darmika mengatakan saat ini pihaknya tengah menjalankan kegiatan-kegiatan tanggap darurat yang salah satunya menangani pengungsi korban banjir. Korban banjir ditampung di sejumlah tempat penampungan yang tersebar di berbagai lokasi dan  masih dalam penanganan dengan baik. 


"Kami masih dalam kegiatan tanggap darurat. Fokusnya pada penanganan pasca banjir, salah satunya menangani pengungsi," kata Raja Darmika di Kantornya.


Dikatakannya, sesuai jadwal yang telah ditetapkan, kegiatan Tanggap Darurat Banjir Pemkab Natuna akan berakhir pada Sabut (17/12/2022) mendatang.


"Tapi kalau ada banjir lagi kemungkinan jadwalnya akan diperpanjang lagi oleh Pak Bupati, karena berdasarkan rilis kondisi cuaca dari BMKG wilayah kita ini masih berpotensi hujan lebat," terangnya.


Terkait pengungsi, ia mengaku pihaknya memiliki data pengungsi sebanyak 1.117 orang yang kini masih dalam penanganan dan masih berada di tempat pengungsian yang tersebar di berbagai pos.


"Cuma sampai hari ini jumlahnya udah mulai berkurang, sekarang total pengungsi tinggal 864 orang," jelasnya.


Mereka para pengungsi itu terus disuplai makan secara rutin dan disediakan obat-obatan serta keperluan-kepeluan lainnya. Bantuan keperluan inu juga disalurkan oleh warga secara individu maupun komunitas.


"Kami di kantor BPBD sendiri membuka dapur umum, makanan kita drop secara terjadwal ke  pos-pos penampungan pengungsi banjir. Komunitas warga dan pelajar juga turut terlibat pada kegiatan ini," ungkapnya.


Ia berharap bencana banjir tersebut tidak lagi menimpa wilayah Natuna sehingga kegiatan pemerintah dan masyarakat dapat berjalan normal seperti sebelumnya.


"Dan kami atas nama Pemerintah Kabupaten Natuna menyampaikan apresiasi tinggi kepada warga yang turut serta membantu korban bencana yang sedang memerlukan bantuan," tutup Raja Darmika.

 (Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama