Forum Lintas Agama dalam Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Gelar Rakor BersamaPemkab Natuna


Forum Lintas Agama dalam Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Gelar Rakor BersamaPemkab Natuna

Bupati Natuina, Wan Siswandi-
NATUNA | KEJORANEWS.COM   : Bupati Natuna menghadiri rapat koordinasi forum lintas agama dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Natuna bersama tim percepatan penurunan  stunting. Acara di gelar di Ruang Rapat kantor Bupati Natuna. 


Bupati Natuna, Wan Siswandi dalam sambutannya menyampaikan rapat ini bagian dari gerakan nasional dalam percepatan penurunan stunting yang melibatkan lembaga vertikal daerah dan forum lintas agama. 


" Bicara soal stunting di Natuna ada dikisaran angka 11 % dari jumlah penduduk Kabupaten Natuna. Tentunya ini menjadi peran pemerintah bagaimana bersinergi dengan mitra pemerintah termasuk forum lintas agama dalam percepatan penurunan stuntimg di Kabupaten Natuna," kata Bupati, Senin (5/12/2022).


Menurut Kepala Daerah Natuna,  ada beberapa hal yang menjadi tugas forum lintas agama.  Diantaranya membangun komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas kehidupan berkeluarga, memperbaiki pola asuh, serta peran tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam menyampaikan pesan agama melalui forum agama masing masing. 


" Baik pemerintah maupun instansi dapat mengambil peran sesuai dengan fungsi kelembagaam kita masing masing. Mulai dari proses edukasi terkait gizi seimbang, penerapan pola asuh yang benar hingga partisipasi tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam mensosialisasikan pencegahan stunting," tambah Bupati.


Sementara itu, Kepala BP3D, Mustofa dalam laporannya menyampaikan, bahwa pelibatan forum lintas agama juga merupakan salah satu indikator dari pemerintah pusat dalam penurunan stunting. 


Sedangkan Kepala Kemenag Kabupaten Natuna Budi Darmawan, yang menghadiri acara tersebut secara Daring (Online) menyampaikan, peran dari Kemenag dalam penurunan stunting di Kabupaten Natuna sudah terlaksana sesuai dengan arahan pusat. 


" Kemenag telah mengambil beberapa tindakan dalam pencegahan stunting diantaranya mendorong usia pernikahan dini yang semulanya minimal 16 Tahun sekarang menjadi 19 tahun. Selanjutnya bagaimana calon peserta pernikahan dapat melakukan bimbingan pernikahan baik dari kesiapan psikologi, kesehatan maupun kesiapan finasial," kata Kemenag.


Kakanmenag Natuna juga menambahkan,  bahwa proses edukasi ini harus dimulai dari tingkat RT/RW, sehingga perlu bagi lembaga daerah untuk melakukan sosialisasi kepada RT/RW dalam memberikan surat rekomendasi dan pengantar sebelum mengajukan pernikahan ke Kemenag. 



Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna Hikmat Aliansyah  dalam laporannya menyampaikan, stunting adalah masalah multi dimensi, bahwa ada banyak penyebab stunting tidak hanya indikator kesehatan tapi juga pola asuh dan pola hidup sehat. Lalu bagaimana komitmen pemerintah daerah dalam melibatkan lembaga lintas sektoral untuk bersinergi dalam menurunkan angka stunting Kabupaten Natuna. Dimana partisipasi lintas sektoral sebesar 70 % dan lembaga kesehatan 30 %.


Rapat Koordinasi tersebut dilanjutkan dengan diskusi dan penyampaian pendapat terkait strategi efektif dalam mencegah stunting, ada beberapa hal yang disampaikan dalam rapat koordinasi tersebut : 

1. Ada 2 faktor yang menyebabkan stunting yaitu, Faktor Genetik dan Faktor Lingkungan.

2. Pemenuhan Gizi pada anak di usia dua tahun pertama sangat berpengaruh dalam mencegah stunting.

3. Sanitasi & higenis yang baik cukup berpengaruh pada system imun. 

4. Dibawah usia 19 tahun harus melaksanakan bimbingan konseling pernikahan. 

6. Pola asuh paling banyak berperan dalam pencegah stunting.

7. Anak anak yang sehat berasal dari orang tua yang sehat mentalnya. 

8. Pernikahan dibawah umur memiliki resiko yang lebih besar terhadap kesehatan fisik dan kesehatan mental.]


(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama