Agar Pengelolaan Administrasi Desa Lebih Baik, Dinas PMD Natuna Gelar Rakor untuk 70 Kepala Desa


Agar Pengelolaan Administrasi Desa Lebih Baik, Dinas PMD Natuna Gelar Rakor untuk 70 Kepala Desa

Bupati bersama Kadis PMD dan 70 Kades-
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Sebanyak 70 Kepala Desa se Kabupaten Natuna, Senin (14/11/2022) mengikuti  Rapat Koordinasi (Rakor) Pembinaan Pemerintahan Desa se-Kabupaten Natuna, di Rumah Makan Sisi Basisir, Kecamatan Bunguran Timur, Senin (14/11/2022). Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh oleh Bupati Natuna, Wan siswandi itu, juga diikuti oleh Camat dari 15 Kecamatan di Natuna.


Rakor dengan tema “Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dalam Membangun Desa” tersebut juga membahas mengenai pengelolaan keuangan dan administrasi Desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), selaku ketua pelaksana kegiatan, Anrizal Zen dalam laporannya menjelaskan, kegiatan dilaksanakan dengan tujuan agar pengelolaan administrasi desa lebih baik ke depannya.


“Kades merupakan ujung tombak pemerintah yang paling bawah dalam memikirkan masyarakat,” kata Andrizal.


Sementara, Bupati Natuna, Wan Siswandi saat membuka kegiatan  mengatakan, bahwa tahun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Natuna mengalami penurunan pada tahun 2022.


Untuk itu, Siswandi, meminta kepada kades agar memahami jika sering terjadi keterlambatan pembayaran Anggaran Dana Desa (ADD).


Selain itu, Siswandi juga memberikan kabar bahagia kepada seluruh kades se-Kabupaten Natuna bahwa, Kamis besok ADD akan diproses pencairannya oleh Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD).


Siswandi juga menegaskan, agar kades tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan tetap bersyukur kepada Allah SWT.


“Kerja dengan baik, karena kita selalu diawasi oleh aparat penegak hukum,” tuturnya.


Diharapkan kegiatan ini bermanfaat dalam pengelolaan dana desa dan anggaran dana desa.


Dalam kegiatan ini kita datangkan sejumlah narasumber dari kejaksaan, kepolisian, inspektorat, ASN Dinas PMD, dan tenaga ahli desa,” terangnya.


Menurut Anrizal Zen, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas desa dalam mengelola keuangan dan administrasi desa.


dengan diadakannya kegiatan pembinaan desa dapat memberikan motivasi dalam pengelolaan dana desa.



(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama