Alif Stone Diusulkan Menjadi Geosite Nasional dan Dunia


Alif Stone Diusulkan Menjadi Geosite Nasional dan Dunia

Alif Stone-
NATUNA | KERJORANEWS.COM : Alif stone park bagian dari hamparan bebatuan kawasan Senubing yang terletak di kawasan Desa Sepempang Kecamatan Bunguran Timur, Natuna, sebagiannya akan diusulkan menjadi situs Geosite Nasional dan dunia di bawah Unesco.Hal ini disampaikan oleh Hardinansyah, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna, Senin (17/10/2022).


Menurut Hardinansyah, UNESCO adalah organisasi yang membidangi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan di Perserikatan Bangsa - Bangsa (PBB).



"Kami awalnya kan mengusulkan beberapa geosite, namun yang ditetapkan hanya  delapan geosite oleh Unesco Global Geopark (UGG) atau Geopark Dunia, sementara Alif stone itu satu hamparan dengan Senubing, dan di depannya ada pulau Senua. Dan itu kita usulkan kembali, untuk menambah geosite di Natuna menjadi 20. Alif Stone nanti akan diverifikasi oleh timnya UGG," jelas Hardinansyah, 



Rencana pengusulan Alif Stone Park sebagai salah satu geosite nasional tambah Hardinansyah, tidak termasuk lokasi yang telah diubah oleh pemilik kawasan tersebut. Namun hanya bagian yang belum tersentuh oleh perubahan saja yang akan diusulkan, untuk dapat pengakuan sebagai bagian dari Unesco Global Geopark.



"Alifstone kita usulkan lagi, nanti yang akan menilai ada tim asesornya, kemaren tidak masuk penilaian itu karena ada bangunannya disitu (di batu Alif Stone), jadi di zona inti geosite itu tidak boleh ada bangunan apapun, maka yang kita usulkan selanjutnya adalah yang belum ada dibangun atau yang masih alami, jadi tidak boleh ditambah atau dikurangi," tambah Hardinansyah.


Untuk usulan selanjutnya kepada Badan Geopark Nasional, maka kawasan Alif Stone Park akan dizonasikan, di mana lokasi yang akan masuk dalam geosite nasional tidak boleh di lakukan perubahan dalam bentuk  apapun.(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama