Kunker ke Natuna, Kajati Kepri Lakukan Sosialisasi Restorative Justice


Kunker ke Natuna, Kajati Kepri Lakukan Sosialisasi Restorative Justice

Kajati Kepri, Gerry Yasid dan Bupati Wan Siswandi Tukar Cenderamata-
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Bertempat di Gedung Sri Serindit, Batu Hitam, Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau melaksanakan kegiatan kunjungan kerja yang diisi dengan  sosialisasi dan silaturahmi bersama Pemerintah Daerah, Camat, Kepala Desa, Guru tokoh Masyarakat,tokoh agama dan pemuda di Kabupaten Natuna. 


 Tampil sebagai pembicara pada kegiatan itu, kepala Kejaksaan Tinggi  (Kajati )Kepri Gerry Yasid, yang menyampaikan materi mengenai Restorative Justice (RJ). 


Pada kesempatan itu Kajati Kepri Gerry Yasid menyampaikan bahwa tidak semua kasus hukum harus diselesaikan dengan proses pengadilan, namun dapat diselesaikan dengan jalan damai dan kekeluargaan namun tetap mengedepankan asas hukum  atau pendekatan secara Restorative Justice .


Akan tetapi untuk kasus yang diselesaikan dengan cara  Restorative Justice ini, adalah  kasus yang hukumannya dibawah 5 tahun dan nilai kerugian dibawah Rp.2,5 juta.


Kejati dalam penyampaiannya juga menjelaskan bahwa  penyelesaian kasus secara RJ juga bisa terjadi di lingkungan sekolah, oleh karenanya perlu dilakukan sosialisasi ke sekolah - sekolah. Karena selama ini banyak kasus disekolah seperti kasus guru memukul siswa yang langsung dilaporkan ke Kepolisian, hal ini dapat diselesaikan secara RJ.


" Saya minta agar Kejari Natuna aktif turun kesekolah - sekolah. Kalau perlu juga mengikuti kegiatan upacara disekolah," kata Kajati Kepri, Gerry Yasid.


Sementara itu  sejauh ini penerapan Restorative Justice di Lingkungan Kejati Kepri sejak awal tahun 2022 hingga saat ini telah 23 kasus yang berhasil diselesaikan.


" Penerapan RJ ini sudah berjalan di Kejati Kepri. Selama saya jadi Kejati, sudah 23 kasus yang berhasil diselesaikan dengan Restorative Justice," kata Gerry Yasid yang baru 3 bulan menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau ini.


Gerry Yasid merupakan putra asli Propinsi Kepri yang menjadi Kejati Kepri. Kunjungan kerja orang nomor satu di Kejati Kepri ini didampingi sejumlah pejabat di Kejaksaan Tinggi Kepri diantaranya  Asintel Kejati Kepri Dr. Lambok M.J Sidabutar dan Krpala Humas Kejati Kepri Nixon Lubis.


Dalam kunjungan kerja itu disambut Kepala Kejaksaan Negeri Natuna Imam M.S Sidabutar bersama Bupati Natuna Wan Siswandi, unsur forkopimda Kabupaten Natuna, Ketua LAM, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Kabupaten Natuna. 





(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama