Hari ini SMK dan SMA di Natuna Mulai Melaksanakan UAS Berbasis Komputer


Hari ini SMK dan SMA di Natuna Mulai Melaksanakan UAS Berbasis Komputer

Ujian Berbasis Komputer-
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Sebanyak 21 SMA dan SMK di kabupaten Natuna mulai hari Selasa (13/04/2022) melaksanakan Ujian Akhir Sekolah (UAS) bagi siswa kelas akhir atau kelas XII. Pelaksanaan ujian dilakukan dengan sistem berbasis komputer. Salah satu sekolah yang melaksanakan UAS adalah SMA Negeri 1 Bunguran Timur, ada  231 orang siswa kelas XII yang mengikuti ujian Akhir Sekolah terbagi dalam 4 jurusan IPA dan IPS. 

 

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bunguran Timur, Prihatno Budi Riyanto melalui sambungan telepon mengatakan pada pelaksanaan UAS ini para siswa dibagi dalam 3 ruang ujian. sementara untuk pelaksnaan ujian selain menggunakan fasilitas komputer yang dimiliki sekolah, para siswa sebagian ada yang membawa laptop guna mencukupi kekurangan fasilitas komputer yang ada. Sementara pelaksanaan ujian dibagi dalam 4 sesi sehari, hal ini guna mensiasati keterbatasan fasilitas dan juga optimalisasi jalannya ujian.

 

"Kita pakai 3 ruang ujian, dengan 4 ujian, jadi setiap siswa mendapatkan giliran berdasarkan jadwal yang sudah disusun, dengan pengawas dari para guru sekolah sendiri," jelas Prihatno Budi Riyanto.


Pelaksanaan ujian dengan sistem berbasis komputer disekolah sejauh ini tambah Budi tidak mengalami kendala, namun pihaknya juga sempat mengkhawatirkan kondisi listrik PLN, yang saat ini kerap mengalami gangguan.

 

"Kita berharap tidak akan terjadi gangguan listrik selama ujian, kemarin kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak PLN agar dapat mendukung pelaksanaan UAS," tambah Budi.

 

Sementara itu pelaksanaan ujian Akhir Sekolah tingkat SLTA ini  juga tidak terlepas dari pemantauan pihak Pengawas SMK dan SMA di Kabupaten Natuna. Koordinator Pengawas (Korwas) SMK dan SMA Kabupaten Natuna, H. Hasmar  Nasution mengatakan, pelaksanaan UAS hari pertama berjalan lancar. Dipastikan seluruh sekolah Lanjutan Atas (SLTA) di Natuna saat ini melaksanakan Ujian Akhir Sekolah berbasis komputer.

 

" ya meskipun mungkin masih ada sekolah yang dipulau melaksanakan UAS secara manual tapi kita belum tahu karena belum ada laporannya. Sementara mengenai kendala sampai saat ini juga belum ada, semua berjalan lancar," kata Hasmar.

 

Sementara menyinggu mengenai jumlah siswa kelas XII yang mengikuti ujian, Hasmar menambahkan, bagi siswa yang tidak dapat mengikuti ujian Akhir sesuai jadwal yang telah ditentukan, maka dapat mengikuti pada saat ujian susulan yang jadwalnya ditentukan oleh pihak sekolah.

 

"Jadi yang mungkin kurang sehat, nantinya dapat mengikuti ujian susulan, tinggal pihak sekolah saja yang mengatur jadwalnya," tambah Hasmar.

 

Mengingat saat ini kelulusan siswa ditentukan oleh pihak sekolah tergantung dengan nilai ujian dan nilai selama disekolah sejak semester pertama hingga semester akhir, baik kepala Sekolah SMAN 1 Bunguran Timur Prihatno Budi Riyanto maupun Korwas SMK SMA Hasmar Nasution, optimis bila Siswa kelas akhir SMA dan SMK di Natuna akan dapat lulus 100 persen.

(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama