Didampingi Tokoh Masyarakat, Simon Nahak Tanda Tangani Prasasti Peresmian Puskesmas Bani-bani


Didampingi Tokoh Masyarakat, Simon Nahak Tanda Tangani Prasasti Peresmian Puskesmas Bani-bani

Bupati Simon Nahak saat Tanda Tangani Prasasti-
MALAKA I KEJORANEWS.COM : Beberapa tokoh masyarakat Io Kufeu diantaranya Benediktus Thomas Taolin (Pah Nurak), Wendelinus Taolin dan Agustinus Manek mendampingi Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH saat menandatangani prasasti peresmian Puskesmas Bani-Bani, Kecamatan Io Kufeu, Selasa (26/4/2022).

 

Sebelum menandatangani prasasti, Bupati Simon mengajak seluruh lapisan masyarakat Io Kufeu untuk memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan.

 

"Kita bersyukur bersama karena tepat 1 tahun kepemimpinan SNKT, Saya hadir di Io Kufeu untuk mematri satu peristiwa penting yakni peresmian Puskesmas Bani-Bani. Dari Io Kufeu, kita awali tahun kedua kepemimpinan ini," kata Bupati SN

 

Orang nomor satu di Kabupaten Malaka ini menambahkan agar masyarakat Io Kufeu menjaga, merawat, memelihara dan menggunakan gedung ini dengan baik sehingga memberikan dampak positif bagi pembangunan di bidang kesehatan.

 

"Mari kita jaga gedung ini dan manfaatkan sebaik-baiknya. Tugas dan tanggung jawab kita semua agar pelihara dengan baik," tandas pakar Hukum Pidana Pajak ini.

 

Bupati Simon yang berprofesi dosen ini menegaskan untuk kesehatan, dirinya bersama Wakil Bupati akan sangat konsen.

 

"Salah satu wujudnya dengan memberikan Kartu Malaka Sehat kepada masyarakat yang membutuhkan dan sudah didistribusikan di seluruh wilayah kecamatan," kata Bupati lagi.

 

Wendelinus Taolin, salah seorang tokoh masyarakat Io Kufeu usai  penandatanganan prasasti mengucapkan sebuah kalimat bahwa kita mengawali dalam kebersamaan tapi juga mengakhiri dalam kebersamaan.

 

Dirinya berterima kasih karena masyarakat Io Kufeu akan segera memanfaatkan fasilitas puskesmas dengan tenaga medis yang ada, usai peresmian oleh Bupati Malaka.

 

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, dr. Sri Charo Ulina melaporkan Puskesmas Bani-Bani memakai tipe puskesmas prototipe dengan sumber dananya DAK 2021 sebesar 5,9 Miliar.

Pembangunan gedung dimulai pada bulan Juli 2021. Puskesmas ini sudah berdiri dan memakai ijin operasional, dan sudah diakreditasi pada tahun 2020 dengan statusnya madya dan akan reakreditasi pada tahun 2023 mendatang.

Jumlah tenaga di Puskesmas Bani-Bani sebanyak 14 orang terdiri dari 4 orang PNS, tenaga kontrak 6 orang dan tenaga BOK Pusat 4 orang dan belum ada tenaga dokter.

 

Kesempatan tersebut Bupati Malaka menyerahkan Kartu Malaka Sehat kepada masyarakat penerima dan peninjauan setiap ruangan Puskesmas Bani-Bani.

 

(Jm/ Diskominfo)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama