Air Bersih Siap Dipakai Warga Trans UPT Kapitan Meo


Air Bersih Siap Dipakai Warga Trans UPT Kapitan Meo

Awal Pembangunan dan Bak yang Telah Selesai-
MALAKA I KEJORANEWS.COM : Pembangunan bak penampung guna penyediaan air bersih bagi warga trans sistem pugar di unit pemukiman transmigrasi (UPT) Kapitan Meo yang dibangun oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Malaka telah mencapai 100% fisik lapangan dan siap dipakai warga trans Kapitan Meo.

 

Pembangunan proyek tersebut dilakukan melalui skema Kerjasama  Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI dan Pemerintah Kabupaten Malaka era Simon Nahak - Kim Taolin (SNKT) yang pembangunannya dilaksanakan oleh  Disnakertrans Kabupaten Malaka.

 

Kepala Disnakertrans Kabupaten Malaka, Vinsensius Babu saat dikonfrimasi media ini, Rabu, (01/12/21) mengungkapkan rasa harunya atas selesainya proyek tersebut.

 

“ Upaya penyediaan air bersih menjadi salah satu hal penting dalam kawasan transmigrasi dan  kita melakukannya di era kepemimpinan SNKT. Ini menjadi Satu kepuasan batin bagi saya ketika melihat warga Trans Kapitan Meo mendapatkan air bersih. “ ujar Vinsen Babu

 

Kata Vinsen lagi, proyek bak tersebut menggunakan teknologi solar cel ddengan kekuatan mesin 140 Kw, yang mampu menghadirkan air dari sumber mata air sampai bak penampung yang berada di ketinggian gunung -+100 meter.

 

Lanjutnya, daya tampung bak air dengan kapasitas 24 ribu liter, sehingga airnya nanti akan dapat dimanfaatkan oleh warga Trans Kapitan Meo dan akan diupayakan untuk menyebar ke masyarakat lainnya.

" Air bersih tersebut nantinya dapat digunakan oleh warga Trans Kapitan Meo dan  akan kita upayakan untuk sebagian besar masyarakat Desa Kapitan Meo." Terangnya.

 

Kepala Desa Kapitan meo, Antonius Yoseph Tuna, saat dikonfrimasi media ini, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI dan Pemerintah Kabupaten Malaka.

“ Saya mewakili Masyarakat Kapitan Meo menyampaikan terima kasih atas kepekaan pemerintah di Era kepemimpinan SNKT untuk memperhatikan masyarakat terkait ketersediaan air bersih." Katanya.

 

Menurut Anton Tuna, Air bukan hanya salah satu syarat bagi kesehatan, tetapi menjadi kebutuhan sehari-hari demi kelangsungan hidup manusia.

“ Air bersih yang layak konsumsi yakni memenuhi syarat kuantitas dan kualitas adalah masalah mendasar, tidak hanya bagi kesehatan tapi juga kesejahteraan manusia.” Ulasnya.

 

(Ximenes)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama