35 Anggota Kodim 0426 TB Bantu Warga Evakuasi 77 Rumah dan 4 Fasum Rusak Gegara Angin Puting Beliung


35 Anggota Kodim 0426 TB Bantu Warga Evakuasi 77 Rumah dan 4 Fasum Rusak Gegara Angin Puting Beliung

Anggota Kodim 0426/TB ketika membersihkan puing puing bangunan gegara angin puting beliung.
TULANGBAWANG I KEJORANEWS.COM: Anggota Kodim 0426 Tulang Bawang(TB) bergerak cepat untuk melakukan evakuasi dan pendataan terhadap korban bencana alam angin puting beliung yang terjadi di wilayah hukumnya.


Bencana alam angin puting beliung ini terjadi di Kampung Andalas Cermin, Duta Yoso Mulya, Bumi Sari dan Gedung Jaya, Kecamatan Rawa Pitu, Kabupaten Tulang Bawang. Kejadian tersebut pada Jumat Malam, terang Letkol Kav Joko Sunarto, S.Sos.,M.Han ketika dikonfirmasi awak media ini.


Lanjut Dandim 0426/TB, tidak ada korban jiwa akibat angin puting beliung tersebut. Namun, daerah yang terdampak paling parah yakni Kampung Duta Yoso Mulya. Dimana terdapat 48 rumah yang rusak terdiri dari 18 rusak berat, 10 rusak sedang dan 20 rusak ringan, jelas Joko.


Selain itu, ada salah satu warga bernama Kasino yang mengalami luka dibagian kepala akibat tertimpa genteng dari rumah miliknya yang mengalami rusak berat. Serta ada 4 fasilitas umum yang juga ikut terdampak yakni Paud Rawa Indah dan pengeringan padi yang mengalami rusak berat, sedangkan sekolah TPA mengalami rusak ringan.


Untuk Kampung Bumi Sari terdapat 9 rumah yang terdampak, 4 rusak berat dan 5 rusak ringan. Selanjutnya di Kampung Gedung Jaya terdapat 8 rumah yang terdampak, 1 rusak berat, 3 rusak sedang dan 4 rusak ringan. Di tempat tersebut juga terdapat 1 Fasilitas Umum(Fasum) yang ikut terdampak yakni SMP Gedung Jaya yang mengalami rusak berat.


Sedangkan di Kampung Andalas Cermin terdapat 11 rumah yang terdampak akibat angin puting beliung, 1 rusak sedang dan 10 rusak ringan.


“Total ada 77 bangunan rumah yang terdampak bencana angin puting beliung, dengan rincian 23 rusak berat, 14 rusak sedang, dan 40 rusak ringan. Juga terdapat 4 fasilitas umum yang ikut terdampak, 3 rusak berat dan 1 rusak ringan,” kata Letkol Kav Joko Sunarto, Minggu(26/12/2021).


Ia menambahkan, ada 35 personel kurang lebih yang diturunkan dan bukan hanya anggota TNI saja melainkan ada juga anggota Polri bahkan Masyarakat untuk bekerjasama bahu membahu untuk mengevakuasi warga yang rumahnya mengalami rusak berat, untuk dibawa ke tempat yang lebih aman, ungkapnya.


Sedangkan untuk nominal jumlah kerugian Tiap-tiap Rumah masih menunggu pengecekan secara riil dari pihak BPBD Kabupaten Tulang Bawang, pungkas Dandim.




(Ys)

Lebih baru Lebih lama