Guna Tingkatkan PAD, Desa Hajimena akan Bentuk Bank Sampah


Guna Tingkatkan PAD, Desa Hajimena akan Bentuk Bank Sampah

Suhaimi Abu Bakar ketika menyampaikan Ide guna
memajukan Desa Hajimena Dalam Musrembang Desa-
KALIANDA: Suhaimi Abu Bakar selaku Kades terpilih di Desa Hajimena, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, akan menargetkan Pendapatan Asli Desa(PAD) harus meningkat pada Tahun depan, Kamis(18/11/2021).


"Suhaimi Abu Bakar sebagai Kepala Desa terpilih menjelaskan, untuk memajukan Desa yang berbatasan langsung dengan Kota Bandar Lampung ini, kita telah menyiapkan Ide-ide untuk memajukan Desa dan ide ini langsung kita lakukan Musrembang Desa dalam rencana pembangunan Desa Hajimena yang lebih baik lagi kedepanya," terangnya.


Suhaimi mengungkapkan berbagai ide untuk menarik PAD seperti menggiatkan usaha mikro kecil menengah yang ada di Desa, wisata Desa dan akan membentuk bank sampah.


"Kebetulan di dusun dua(Gunung Mas) ada wisata baru kampung paket disana, ada namanya pengembangan wisata kuliner, nah ini kita giatkan lagi kedepannya supaya lebih maju," kata Suhaimi.


Pendapatnya, di Hajimena ini banyak UMKM yang bisa meningkatkan pendapatan warga jika dikelola dengan serius. "Di sini ada UMKM jamu, kelompok pembuat emping, keripik pisang, dan lainnya semoga dengan gebrakan kami natdi UMKM desa ini maju," ungkapnya.


Terkait gagasan bank sampah, pihaknya mengakui meski saat ini belum ada Sumber Daya Manusia(SDM) tetapi dalam waktu dekat pihaknya akan merencanakan studi banding melihat seperti apa membuat bank sampah tersebut.


Dalam sambutan Sekretaris Camat Natar, Gustina Aryani mengatakan, sangat mendukung program yang digagas Desa Hajimena.


"Tujuannya satu yaitu untuk peningkatan ekonomi Desa, ide bagus yang digagas Pemerintah Desa ini dan semoga berjalan sesuai harapan serta bisa jadi contoh bagi Desa lain dikemudian haru," jelasnya.


Lanjutnya, pengembangan bank sampah di Desa ini cukup bagus. Selain itu, pasti nantinya ada pendapatan untuk warga serta ada juga pendapatan untuk Desa dan angka pengangguran pun akan turun karena ada tenaga kerja di dalamnya, pungkas Gustina.

(FJ)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama