Lapas Brebes Bersama Damkar Laksanakan Simulasi Penanganan Kebakaran


Lapas Brebes Bersama Damkar Laksanakan Simulasi Penanganan Kebakaran

Simulasi Penanganan Kebakaran -

BREBES  I  KEJORANEWS.COM : Bertempat di Lapangan utama Lapas Klas IIB Brebes,Petugas Lapas Brebes melakukan Kegiatan Simulasi Kebakaran yang bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Rescue Kabupaten Brebes.Simulasi penanganan kebakaran ini bertujuan untuk mencegah musibah kebakaran yang terjadi di dalam Lapas,Jum'at (10/09/2021).


Kalapas Klas IIB Brebes Isnawan. Amd.IP. SH. MH menjelaskan "Kegiatan Pelatihan Simulasi Kebakaran yang bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Rescue Kabupaten Brebes ini merupakan salah satu kegiatan Lapas Brebes dalam rangka mencegah gangguan keamanan akibat kebakaran baik di lingkungan kantor maupun di tempat tinggal pegawai,dan berharap Lapas Brebes terhindar dari gangguan keamanan akibat kebakaran".


Kegiatan pelatihan penanganan kebakaran dibagi dalam dua sesi yaitu :


1.Para petugas Lapas mendapatkan materi tentang dasar-dasar hukum proteksi kebakaran dan tips penanganan kebakaran secara manual.

2.Simulasi penanganan kebakaran skala Kecil dan Skala Besar dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang dilaksanakan di luar ruangan.


Petugas Damkar juga mempraktekan cara  mencegah dan penanganan kebakaran yang diakibatkan dari kebocoran tabung gas.

“Ternyata kebakaran yang diakibatkan oleh kebocoran tabung gas bisa dilakukan dengan teknik sederhana dan mudah,” ungkap Kalapas Isnawan. Amd.IP, SH, MH.


Selanjutnya Isnawan menjelaskan," Dengan berbekal teknik penanganan yang sudah didapat dari petugas Damkar, para petugas Lapas diharapkan bisa mengatasi kebakaran yang terjadi baik yang disengaja maupun tidak."


Kembali Isnawan menuturkan " setelah melakukan pengecekan dengan Dinas Damkar ada Delapan titik yang harus di tempatkan Alat Pemadam Api Ringan dan Alhamdulillah Lapas Brebes telah menambah tiga Alat Pemadam Api Ringan ( APAR ) saat ini Alat Pemadam Api Ringan  yang tersedia 8 unit."


"Untuk mencegah potensi kebakaran pihaknya telah melakukan pengecekan secara berkala,instalasi listrik,Pengecekan Alat Pemadam Api Ringan,menempatkan Kunci Duplikat kamar hunian yang disimpan dalam kotak.serta Rutin melaksanakan Razia dan menerapkan pemeriksaan yang ketat barang barang bawaan Warga Binaan yang dilarang yang berpotensi memicu kebakaran seperti korek api,Pungkasnya.


Hadir dalam kegiatan tersebut Sugiarto Danpos Induk ( Koordinator Lapangan ) beserta 7 orang anggota damkar Kabupaten Brebes, Kepala Lapas Klas IIB Brebes Isnawan, Amd.IP. SH. MH dan diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai lapas Brebes,Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menjalankan aturan Protokol Kesehatan yang Ketat, 


(Salam)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama