Desa Adi Luhur Dapat Program Kotaku Digunakan Pembangunan Draenase dan Jalan Rabat Beton


Desa Adi Luhur Dapat Program Kotaku Digunakan Pembangunan Draenase dan Jalan Rabat Beton

Papan Kegiatan
MESUJI I KEJORANEWS.COM: Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang digulirkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di wilayah Kabupaten Mesuji mulai direalisasikan, Minggu(5/9/2021).


Salah satunya Desa Adi Luhur, Kecamatan Panca Jaya merupakan salah satu wilayah penerima kegiatan Bantuan Pemerintah Untuk Masyarakat (BPM).


Di Desa tersebut kucuran dana Program Kotaku sebesar Rp1 miliar itu dialokasikan untuk 2 jenis kegiatan.


Selaku koordinator Lembaga Kesuwadayaan Masyarakat (LKM) Desa Adi Luhur Sayet mengatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan dalam Program Kotaku ini adalah berupa pembangunan fisik infrastruktur berupa pembangunan Draenase dan pembangunan jalan rabat beton.


“Adapun panjang Draenase yaitu 1358 M dan rabat beton dengan panjang 679 M,” kata Sayet saat ditemui di lokasi pembangunan.


Sayet juga mengatakan untuk pengerjaan Kotaku dilakukan dengan sistem Padat Karya Tunai(PKT), dengan memberdayakan masyarakat di sekitar lokasi kegiatan.


”Target pengerjaannya selama 120 hari, saat ini untuk pembangunan Draenase sudah 100 persen selesai tinggal pembangunan jalan Rabat Beton yang saat ini masih dalam proses pengerjaan, Kita berharap semua berjalan dengan baik dan selesai tepat waktu,” terangnya.


Sayet menilai, Program Kotaku akan memberikan kontribusi positif dan manfaat yang besar dalam upaya penanggulangan lingkungan kumuh sehingga diharapkan dapat mempercepat pengurangan luas permukiman kumuh di Desanya.


Pihaknya optimis, dengan adanya Program Kotaku akan meningkatkan akses masyarakat terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di kawasan kumuh guna mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan, harap Sayet.


Dalam hal ini Sayet mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat, Provinsi serta Pemerintah Daerah Kabupaten Mesuji atas program pembangunan Kotaku yang digulirkan di desa ini dan ia juga mengucapkan terimakasih kepada bapak Tamanuri selaku anggota DPR RI berkat perjuangan aspirasinya program tersebut bisa terealisasi di Desanya ini, ucapnya.


“Kami dalam hal ini tentu sangat bersyukur dan menyambut baik, sebab dengan adanya Program Kotaku yang di realisasikan untuk pembangunan infrastruktur ini akan banyak manfaat yang didapat masyarakat. Kami pun berharap dengan adanya Program Kotaku ini menjadikan daerah ini daerah yang bersih dan tidak kumuh. Tentunya, Mudah-mudahan untuk kedepannya program yang seperti ini terus berkelanjutan, pungkasnya.


Sementara itu Kepala Desa Adi Luhur Suharman mewakili segenap masyarakat di Desa Adiluhur menyambut baik adanya program tersebut, terlebih bantuan yang digulirkan terealisasi dalam bentuk padat karya Tunai yang di dalamnya ada pemberdayaan masyarakat, sehingga terbukanya lapangan kerja dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Selain itu, lanjut Suharman, dengan adanya Program Kotaku akan membuat wilayah semakin bersih dan indah sehingga hasil bangunan itu nantinya harus bener-bener dapat dipelihara dengan baik sehingga kualitas dari bangunan dapat terjaga serta dapat terus bermanfaat bagi masyarakat.


“Dan Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada LKM dan KSM Desa Adiluhur yang sejauh ini telah menunjukkan kinerjanya dengan baik dalam melaksanakan Program Kotaku di Desa ini. Kepada masyarakat, kami juga berharap hasil pembangunan melalui program ini dapat dijaga bersama-sama,” pungkas Kades Adi Luhur Muharman.


(Mat Amin) 

Lebih baru Lebih lama