Mahasiswa UMM Menjadi Pengawas Ujian Akhir Semester di SDN Bangsal 4 Kota Kediri


Mahasiswa UMM Menjadi Pengawas Ujian Akhir Semester di SDN Bangsal 4 Kota Kediri

JATIM I KEJORANEWS.ONLINE: Setelah dua tahun berlalu, Covid-19 di Indonesia belum juga berakhir. Akibat daripada itu berdampak pada setiap aktivitas masyarakat pada umumnya dan pelajar pada khususnya. 
Untuk itu pemerintah Kota Kediri khususnya Kelurahan Bangsal dalam hal memutus rantai Covid-19, menghimbau melalui surat edaran agar setiap sekolah tetap melaksanakan protokol kesehatan dan menjalankan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka (luring) secara bergantian (shift-shift an). 
Hal tersebut diterapkan oleh Sekolah Dasar Negeri Bangsal 4 dengan sangat baik. Sehingga kegiatan ujian kenaikan kelas di sekolah tersebut berjalan lancar.
Kegiatan Ujian Akhir Semester (UAS) adalah suatu tahap yang menentukan berhasilnya seseorang untuk menuju ke level yang lebih tinggi atau tidak. Agenda tersebut di selenggarakan oleh semua sekolah yang berada di Indonesia pada umumnya dan SDN Bangsal 4 pada khususnya. 
Pelaksanaan UAS telah di lewati oleh siswa-siswa kelas 5 secara  bergantian bersama Mahasiswa/i Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sebagai Pengawas  di sesi ke-2 (dua) pukul 09.30 pada hari selasa tanggal 8 Juni 2021, yang sedang melakukan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Kota Kediri. 
Adapun ujian berlangsung dengan mengerjakan soal mata pelajaran matematika kemudian dilanjutkan dengan tematik yang mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga peserta didik mendapatkan pengalaman yang bermakna. Sistem ini diterapkan di SD yang merupakan implementasi kurikulum 2013 sebagai pengganti KTSP, dikarenakan karakteristik siswa-siswi yang masih memandang sesuatu secara menyeluruh (holistic).

Menjadi Pengawas Ujian Akhir Semester di SDN Bangsal 4 kelas 5 merupakan salah satu program kerja kelompok 32 angkatan 2018 Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam menyukseskan program PMM (menggantikan KKN) di era pandemi Covid-19 ini yang beranggotakan lebih sedikit yaitu 5 orang yang terdiri dari Aisya Sanghra Devi Nugraha sebagai Koordinator, Eliza Putri Sanggarwati sebagai Sekretaris, Fitriani Imelda Riwu sebagai Bendahara, Alfie Rizki Nirwana sebagai Multimedia, dan Rachmad Dandi Oktviansyah sebagai Humas yang didampingi oleh Isdian Anggraeny, S.H., M.Kn sebagai dosen pembimbing gelombang 5.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama