Polres Brebes Gelar Operasi Ketupat Candi 2021


Polres Brebes Gelar Operasi Ketupat Candi 2021

Gelar Pasukan -

BREBES  I  KEJORANEWS.COM : Kepolisian Resor (Polres) Brebes Polda Jateng menggelar Operasi Ketupat Candi 2021 di halaman Mako Polres Brebes yang diikuti sejumlah pasukan dari TNI – Polri, Dishub dan juga Satpol PP serta Tenaga Medis, Rabu (05/05/2021).


Turut hadir dalam kegiatan ini meliputi Ketua DPRD Brebes yang diwakili Wurja, SE selaku anggota DPRD, Dandim Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, Ketua Pengadilan Negeri Tornado Edmawan, SH, MH, Kasatpol PP Supriyadi, Kepala BPBD Nushy Mansur, Kadinkes dr. Sartono, M.Kes, serta Dansubdenpom IV/1-4 Brebes Kapten Cpm Budi H.  


Dalam kesempatan ini Wakil Bupati Brebes Narjo, SH yang bertindak sebagai Irup membacakan Amanat dari kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.


Dalam sambutanya Operasi Ketupat Candi 2021 ini akan diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia selama 12 hari, mulai dari tanggal 6-17 Mei 2021.


Kapolri dalam amanatnya juga menyatakan bahwa menjelang Idul Fitri 1442 H, tren kasus baru covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 2,03 %, dengan pemicu adanya peningkatan aktivitas masyarakat khususnya jelang akhir bulan suci Ramadhan, sehingga atas dasar itu pemerintah mengambil kebijakan larangan mudik lebaran tahun ini.


Menurut Kapolri, keinginan masyarakat untuk melaksanakan mudik sulit untuk ditahan. Berdasarkan hasil survei dari Kementerian Perhubungan, masih terdapat 7 % atau 17,5 juta orang dari 81 juta orang yang biasa melakukan pergerakan mudik. Jadi kebijakan larangan mudik minimal dapat mengurangi resiko penambahan kasus baru virus corona.


Kapolri menekankan agar pelaksanaan Operasi Ketupat Candi kali ini dilakukan humanis dan dengan menempatkan keselamatan masyarakat sebagai hukum tertinggi “Salus Populi Suprema Lex Esto”.


Sementara itu untuk pengamanan Operasi Ketupat Candi 2021 di Kabupaten Brebes sendiri, Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto mengatakan bahwa hari ini baru saja kita melaksanakan apel gelar pasukan 2021 Polres Brebes


Untuk personil yang diterjunkan sebanyak 604 personil, baik dari Polres Brebes, BKO brimob ,Dit Samapta Polda Jateng, TNI dan Dishub dan BPBD serta tenaga dinas kesehatan kabupaten Brebes.


Kapolres juga menjelaskan larangan mudik mulai dilakukan nanti malam 24.00 Wib sampai dengan nanti tanggal 17 Mei 2021, bagi pengendara yang masuk wilayah kabupaten Brebes akan kita lakukan penyekatan dan pemeriksaan kendaraan.


“Kendaraan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang mudik, di dua pos baik di Exit Tol Pejagan maupun di jalan Arteri pantura di Terminal Kecipir akan kita lakukan putar balik,”pungkas Kapolres Brebes


Kapolres Brebes memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tunda mudik dulu untuk sayangi dirimu sendiri dan keluarga di rumah. 


“kita liat pelajaran di India bahwa sedang menghadapi krisis dan varian baru Covid -19, jangan sampai terjadi di kita, silaturahmi bisa melalui online dulu, demi keselamatan kita bersama,’pungkas Kapolres.



(Salam)


Lebih baru Lebih lama