Dari Ratusan, Sekitar 40 Pencari Suaka Positif Covid-19 Dalam Kondisi Sehat


Dari Ratusan, Sekitar 40 Pencari Suaka Positif Covid-19 Dalam Kondisi Sehat

Dari Ratusan, Sekitar 40 Pencari Suaka Positif Covid-19 Dalam Kondisi Sehat
Logo
BINTAN I KEJORANEWS.COM : Sebanyak 40 dari hampir 400 orang pencari suaka yang tinggal di Hotel Bhadra, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) tertular Covid-19, berdasarkan hasil tes usap dengan metode antigen.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Bintan, Gama AF Isnaeni mengatakan, berdasarkan keterangan tim keamanan di Hotel Bhadra, 40 orang pencari suaka itu masih berhubungan dengan pencari suaka lainnya sehingga potensial membentuk klaster dengan jumlah pasien Covid-19 terbanyak di Kepri.

"Pencari suaka yang tertular Covid-19 tersebut sulit diatur. Jumlah petugas keamanan yang mengawasi mereka sangat terbatas, sehingga tidak mampu mengarahkan pencari suaka yang tertular Covid-19 untuk melakukan isolasi di rumah-rumah yang tersedia di Hotel Bhadra," jelasnya.

"Ketika pencari suaka itu berkumpul, itu menjadi kekuatan besar sehingga sulit diatur. Padahal ini untuk kepentingan mereka juga agar cepat sembuh, dan tidak menularkan virus itu kepada teman-temannya," terangnya, di Bintan  (28/5).

Ia melanjutkan bahwa awalnya, pada pekan lalu, seorang pencari suaka terdeteksi tertular Covid-19. Kemudian petugas kesehatan melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang kontak dengan pencari suaka tersebut, dan hasilnya, 15 orang pencari suaka lainnya tertular.

"Penelusuran dilakukan kembali secara intensif semalam, dan hasilnya sebanyak 24 orang pencari suaka lainnya tertular Covid-19. Kalau tidak terkendali, potensial seluruh yang kontak erat dengan pencari suaka yang positif Covid-19 tersebut, tertular," ungkapnya.

Lanjutnya lagi seluruh pencari suaka yang tertular Covid-19, tidak memiliki gejala, dalam kondisi sehat, dan beraktivitas seperti biasa. Namun, dilarang ke luar hotel.

"Kami sudah melayangkan surat kepada IOM untuk menyediakan makanan untuk mereka sehingga tidak perlu ke luar hotel," tutup Kadinkes Bintan.


(Diskominfo Kepri I Andi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama