Guspurla Koarmada I Bangun Rumah Pintar di Desa Sabang Mawang, Natuna


Guspurla Koarmada I Bangun Rumah Pintar di Desa Sabang Mawang, Natuna

Laksamana TNI. Dato Rusman-
BATAM I KEJORANEWS.COM : Dalam upaya meningkatkan kesadaran membaca di kalangan masyarakat Natuna, terutama warga kecamatan Pulau Tiga, Gugus Tempur laut Komando  Armada  (Guspurla Koarmada) I, membangun Saung / rumah pintar di Desa Sabang Mawang.

Rumah pintar yang dibangun di Natuna itu merupakan yang ke 262 didirikan oleh Guspurla Koarmada I di  seluruh Indonesia.

Komandan Guspurla Koarmada I, Laksamana TNI. Dato Rusman, dalam sambutannya saat peletakan batu pertama pembangunan rumah pintar 262 tersebut mengungkapkan keberadaan rumah pintar yang lebih diperuntukan bagi anak sekolah terutama anak usia dini tersebut diharapkan dapat memfasilitasi dan mengangkat minat baca generasi penerus bangsa di Kecamatan Pulau Tiga.

"Siapa saja boleh menggunakan rumah pintar sesuai dengan keperuntukannya, yang terpenting keberadaan rumah pintar ini nantinya dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyakat setempat terutama dari sektor pendidikan, " ungkap Danguspurla, Laksamana TNI. Dato Rusman, di Sabang Mawang, Senin (8/3/2021).
Nantinya untuk pengelolaan rumah pintar tersebut akan diserahkan kepada pihak Desa.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Camat Pulau 3 Sudirman ,dalam sambutannya merespon positif pembangunan rumah pintar oleh Guspurla Koarmada I tersebut. Pihaknya berharap nantinya rumah pintar akan berkembang dan tidak saja dimanfaatkan sebagai rumah baca, namun juga kegiatan anak - anak lainnya, seperti belajar dan bermain.
"Semoga rumah pintar ini akan berguna bagi warga kami di Desa Sabang Mawang ini," ujar Sudirman.

Rumah pintar yang dibangun di atas lahan seluas 40 m2 itu dengan luas 24 m2 ditargetkan selesai dalam waktu 2 bulan. Adapun dalam mewujudkan rumah pintar tersebut Guspurla Koarmada I mendapat dukungan dari pihak Pangkalan TNI AL Ranai, PT. Putra Samudra perkasa (PSP), dan PT. Bahari Berkah Madani selaku mitra Guspurla.

Untuk pembangunan rumah pintar tersebut dilaksanakan secara swadaya antara TNI AL (Posal Sabang mawang) dengan warga setempat di bawah koordinator Danposal Sabang Mawang, Letda Laut Rofik.

Danguspurla Koarmada I Laksamana TNI. Dato Rusman, berharap keberadaan rumah pintar itu nantinya akan mengurangi ketergantungan anak a- anak di Sabang Mawang terhadap Gadget.

"Kita ingin tunjukan budaya literasi, bagaimana kia wujudkan minat baca anak usia dini, sehingga tidak lagi tergantung pada gadget namun langsung kepada sumber bacaan yakni buku," tutup Dato Rusman.

( Pjp)
Lebih baru Lebih lama