Tingkatkan pelayanan kesehatan, Dinkes Deiyai Serahkan Mobil Ambulance ke Puskesmas Kokobaiya


Tingkatkan pelayanan kesehatan, Dinkes Deiyai Serahkan Mobil Ambulance ke Puskesmas Kokobaiya

Penyerahan Kunci Ambulance-
DEIYAI I KEJORANEWS.COM : Untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Deiyai menyerahkan bantuan satu unit mobil ambulance Puskesmas keliling kepada Puskesmas Kokobaiya, Distrik Tigi, Deiyai, Papua, Selasa, (23/2/2021).

Kepala Dinkes Deiyai, Kornelis Pakage mengatakan pemberian ambulance untuk menjangkau masyarakat di perkampungan, sehingga masyarakat di perkampungan merasakan adanya  pelayanan kesehatan.

"Tadi saya sudah serahkan mobil ambulance kepada Kepala Puskesmas Kokobaiya supaya melakukan pelayanan kesehatan di luar gedung, door to door, antar pasien yang jauh seperti ke RSUD Paniai, ke RSUD Deiyai, Dogiyai atau Nabire. Jadi mobil itu standby di Puskesmas untuk antar pasien. Mobil ambulance sebagai operasional Puskesmas Kokobaiya. " Ujar Kornelis Pakage, Selasa, (23/2/2021).

Menurut dosen luar biasa FKM Uncen Jayapura ini, mobil ambulance itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus ( DAK ) Kesehatan tahun 2020. Yang tujuannya agar pelayanan kesehatan akan cepat diberikan kepada seluruh lapisan masyarakat mulai dari tenaga medis sampai rujukan ke rumah sakit.

Selain itu, kata dia, diberikannya mobil itu lantaran kinerja yang baik dari 10 Puskesmas di wilayah kerja Dinkes Deiyai. 

" Ambulance itu diberikan kaarena adanya kerja keras Kepala Puskesmas Ones Dogopia dan jajarannya." lanjutnya.

Ia menambahkan, honor sopir dan perbaikan mobil ditanggung Dinas Kesehatan Deiyai.

Kepala Puskesmas Kokobaiya Ones Dogopia mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Deiyai yang melalui Dinkes telah memberikan mobil pertama dari 10 Puskesmas di Deiyai masa kepemimpinan Kornelis Pakage.

"Terima kasih banyak Kepala Dinkes Deiyai sudah mengerti keluh kesah kami dan hari ini telah memberikan mobil ambulance agar pelayanan kesehatan akan semakin cepat," kata Dogopia.

Ia berharap, dengan hadirnya mobil ambulance pelayanan kesehatan menjadi lebih optimal serta tingkat kesehatan masyarakat di Puskesmas Kokobaiya bisa mengalami peningkatan. 

(Abe)
Lebih baru Lebih lama