Jemput Bola, Imigrasi Natuna Keluarkan Eazy Paspor


Jemput Bola, Imigrasi Natuna Keluarkan Eazy Paspor

Gelora Nusantara -
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Dalam upaya meningkatkan pelayanan pembuatan paspor di tengah masa pandemi, kantor imigrasi klas II Ranai melakukan sistem jemput bola bagi masyarakat yang ingin melakukan pembuatan paspor. Program penerbitan paspor yang digagas Direktorat jendral Imigrasi pada akhir tahun 2020 ini diberi nama Eazy Pasport. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala kantor Imigrasi klas II Ranai, Gelora Nusantara.

Lanjutnya, Eazy paspor adalah  pelayanan pengajuan  pembuatan pasport secara kolektif, di mana pemohon tidak perlu datang ke kantor Imigrasi untuk mengajukan permohonan paspor, namun petugas imigrasi yang akan  mendatangi pemohon di lokasi yang telah ditentukan.

Program Eazy Passport lebih ditujukan kepada komunitas besar seperti pegawai perkantoran pemerintah/ TNI/Polri/ BUMN/BUMD/Swasta, warga komplek perumahan  dan komunitas atau organisasi  dengan syarat minimal pemohon sebanyak 50 orang.

"Secara ketentuan memang minimal 50 pemohon untuk pembuatan Eazy Pasport, tapi masih ada toleransinya untuk kota kecil seperti ini," kata Kepala kantor Imigrasi klas II Ranai, Gelora Nusantara, Jum'at (5/2/2021).

Seluruh proses permohonan paspor mulai dari penyerahan berkas, dan pemeriksaan  persyaratan, wawancara serta pengambilan  data biometrik berupa foto dan sidik jari dilakukan di lokasi kegiatan. Jika paspor telah jadi nantinya perwakilan pemohon dapat dilakukan pengambilan ke kantor imigrasi  atau dikirim melalui jasa PT. Pos Indonesia.

Untuk dikabupaten Natuna sendiri program Eazy Passpor telah mulai dirintis pada tahun 2021 ini dengan menyasar kantor pemerintah, namun menurut Kepala Kantor Imigrasi Klas II Ranai, Gelora Nusantara, pihaknya juga tetap menerima bila ada komunitas masyarakat yang hendak mengajukan  pembuatan paspor kolektif.

Di Natuna pihaknya juga tetap melayani permohonan pembuatan paspor kolektif baik yang berada di ibu kota Kabupaten maupun disetiap kecamatan.

"Tujuan Eazy passpor ini adalah untuk mempermudah layanan bagi seluruh masyarakat," imbuh Gelora.

untuk di Kabupaten Natuna baru Pengadilan Agama yang telah memanfaatkan program Eazy passpor, sementara itu pihak Kantor imigrasi klas II Ranai juga terus melakukan sosialisasi keseluruh lembaga dan Instansi Pemerintah mengenai program Eazy Passport.

(Pjp)
Lebih baru Lebih lama