Penguji UKW PWI: Dalam Meningkatkan Kompetensi Wartawan di Kepri Lebih Mudah


Penguji UKW PWI: Dalam Meningkatkan Kompetensi Wartawan di Kepri Lebih Mudah

Penguji UKW PWI: Dalam Meningkatkan Kompetensi,  Akan Mudah di Kepri
Penguji UKW Kepri-
BATAM I KEJORANEWS.COM :Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Kepulauan Riau (PWI Kepri) ukir prestasi, lulus sebagai penguji Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) di seluruh Indonesia. Jum'at, (01/01/2021) 
 
Lolos dalam ujian asesor yang dilakukan PWI Pusat, adalah lima orang wartawan senior asal Kepri, yaitu Candra Ibrahim yang saat ini merupakan Ketua PWI Kepri, Ramon Damora (Mantan Ketua PWI Kepri), Novianto (Pemred Batamclick.com), Dedy Suwadha (Pemred Warta Kepri), dan Andi Gino (Pemred Haluan Kepri).
 
Terkait hal itu, Dedy Suwadha mengatakan bahwa dengan adanya lima penguji kompetensi wartawan yang dikeluarkan oleh PWI pusat, di Provinsi Kepri sendiri bisa dimulai ujian dari tingkat Muda, Madya, dan Utama.
 
Pelaksanaanya baik itu di kota Batam, Tanjung Pinang dan Daerah lain, untuk peserta sekitar 30 orang karena terdapat lima penguji. Bagi Media, atau jika ada pemerintah yang membantu asalkan panitia siap melaksanaannya, karena syarat kententuan berlaku.
 
Lanjutnya, akan memudahkan kawan-kawan dalam meningkatkan kompetensi wartawan bagi yang membutuhkan. Semua lembaga, organisasi boleh mengajukan UKW ke Dewan Pers dan selanjutnya menunjuk tim penguji yang ada di provinsi.
 
"Dihimbau bagi kawan-kawan yang masih tingkat Muda, kita sarankan untuk berita satu bulan terakhir terbit. Karena itu mempengaruhi nilai kepada narasumber yang akan dihubungi ketika ujian, begitu juga Madya, apalagi Utama harus aktif denga narasumbernya. Karena salah satu point terpenting," terangnya.
 
Sebelumya, di tempat terpisah Candra Ibrahim menyampaikan bahwa ujian Calon Penguji UKW PWI tersebut diselenggarakan pada 14 Desember lalu. Ujian dilakukan secara virtual. yang ikut ujian sebanyak 140-an orang, yang lolos 91 orang. Yang ikut merupakan wartawan-wartawan senior dari seluruh Indonesia.
 
Sedangkan hasil ujian dinilai dan diputuskan dalam Rapat Pengurus Pusat PWI pada tanggal 22 Desember 2020, yang dihadiri Ketua Umum, Sekjen, Ketua Bidang Pendidikan, Komisi Kompetensi Wartawan, dan Direktur UKW. Peserta yang telah dinyatakan kompeten akan diterbitkan Surat Keputusan sebagai Asesor Penguji UKW.
 
Lolosnya lima orang peserta uji dari Kepri merupakan suatu prestasi dan kebanggaan bagi PWI Kepri. "Dari PWI Kepri lima orang yang ikut dan kelimanya lulus dengan hasil yang cukup memuaskan. Artinya juga menunjukkan kualitas wartawan-wartawan yang ada di Kepri," terangnya di salah satu kedai kopi, Botania-Batam Centre (30/12).
 
 
 
Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama