{[["☆","★"]]}

KEEROM I KEJORANEWS.COM: Satgas Pamtas Yonif 312/KH menghadiri pertemuan lintas sektoral dalam rangka sosialisasi dan microplanning kampanye kelambu massal dalam upaya mengatasi penyebaran penyakit malaria di Kabupaten Keerom, bertempat di hotel Grand Arso, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 312/KH Letkol Inf Dedy Ariyanto, S.I.P., M.M., M.Han., M.I.Pol dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Sabtu(03/10/2020).

Dansatgas mengatakan bahwa sosialisasi ini diadakan oleh Kemenkes RI bekerjasama Dinkes Jayapura dan Dinkes Kabupaten Keerom yang melibatkan masing-masing Puskesmas, Kepala Distrik, TNI dan Polri yang ada di jajaran Kab. Keerom sebagai peserta dalam kegiatan tersebut.

“Kami siap untuk mendukung eliminasi penyebaran malaria khususnya di Kabupaten Keerom yang merupakan daerah endemik malaria tertinggi di Indonesia, mengingat dalam hal meningkatkan derajat kesehatan masyarakat bukanlah sepenuhnya tanggung jawab instansi kesehatan saja,  tapi tanggung jawab bersama secara kolektif semua elemen bangsa,” kata Dedy.

Ditempat terpisah, Dantonkes Satgas Pamtas Yonif 312/KH Lettu Inf Fauzi End Mulya yang hadir dalam kegiatan ini menuturkan, salah satu cara untuk mengurangi faktor risiko penularan malaria adalah dengan pemakaian kelambu anti nyamuk yang dibagikan kepada penduduk yang berdomisili di daerah endemis tinggi dan rendah yang masih terjadi penularan malaria.

“Distribusi kelambu kepada warga di tengah pandemi Covid-19 ini tentu tidak akan mudah, karena penerapan protokol kesehatan harus benar-benar dipastikan dilaksanakan, sehingga jangan sampai pandemi Covid-19 ini menghalangi semangat untuk menuntaskan penyebaran malaria,” ucap Fauzi.
 
“Selain itu kami juga siap ikut mengedukasi kepada warga, mengingat masih sering mendapati penggunaan kelambu yang tidak tepat guna, bahkan ada warga yang gunakan kelambu yang dibagikan sebagai jaring ikan,” tambah Fauzi.

Selain membantu distribusi kelambu massal, Satgas Pamtas Yonif 312/KH akan terus mensosialisasikan pencegahan malaria kepada warga seperti pengenalan tanaman-tanaman pengendali nyamuk, edukasi sanitasi lingkungan untuk mencegah nyamuk malaria, serta pola hidup sehat dan olahraga teratur.


(Pen Satgas Yonif 312/Kala Hitam./Yusri)
 
Top