Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian, Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila


Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian, Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila

Upacara Kesaktian Pancasila
Upacara Kesaktian Pancasila
NASIONAL I KEJORANEWS.COM :Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 yang digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Kamis, (01/10/2020)
 
 
Rangkaian upacara dimulai dengan laporan Komandan Upacara kepada Presiden yang bertindak sebagai Inspektur Upacara untuk kemudian berlanjut dengan mengheningkan cipta yang dipimpin Inspektur Upacara.
 
Berikutnya, Pembacaan Teks Pancasila oleh Ketua MPR RI, Pembacaan Naskah UUD RI Tahun 1945 oleh Ketua DPD RI, Pembacaan ikrar oleh Ketua DPR RI, dan Pembacaan doa Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI.
 
Upacara Hari Kesaktian Pancasila, bertemakan ''Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila'', berlangsung singkat, khidmat dan menerapkan protokol kesehatan serta tanpa pidato dari kepala negara.
 
Sementara, hadir secara virtual ialah para pimpinan dan anggota lembaga negara, para menteri Kabinet Indonesia Maju, para Gubernur, Bupati, dan Wali kota, serta para keluarga pahlawan revolusi, dan lainnya.
 
Selepas upacara, Presiden bersama dengan Wakil Presiden dan para pimpinan lembaga tinggi negara yang hadir di lokasi sejenak mengunjungi Monumen Pancasila Sakti sebelum meninggalkan lokasi.
 
Di situasi terpisah, melalui unggahannya di akun Twitter pribadi, Presiden RI, Joko Widodo mengatakan bahwa bangsa Indonesia sepanjang sejarah berdirinya telah menghadapi berbagai tantangan di mana pandemi Covid-19 kini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi bangsa.
 
"Tantangan dan ujian dalam berbagai bentuk pernah dihadapi bangsa ini, dari zaman kemerdekaan, masa pembangunan, era globalisasi, sampai pandemi Covid-19 saat ini. Semua tantangan itu kita lewati berkat kekuatan persatuan dan persaudaraan bangsa yang dipandu ideologi Pancasila,” tulisnya.
 
 
Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama