{[["☆","★"]]}
Winalda Aulia Salsabila Bersama Dandim Brebes Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan
BREBES  I  KEJORANEWS.COM : Winalda Aulia Salsabila (20), mahasiswi semester 5 Fakultas Hukum Undip Semarang, putri kedua dari Serma Bambang Prihantono, Babinsa Jatisawit, Koramil 08 Bumiayu, Kodim 0713 Brebes, lolos seleksi program pertukaran pelajar PPDI #3 (Program Pemuda Delegasi Indonesia) ketiga tahun 2020, ke negara Turki.

Program study banding yang diselenggarakan oleh IDEAS (International Delegation of Academic Education Society) ke Turki ini, akan diselenggarakan tanggal 1-6 Desember 2020.

Dikatakan Winalda, warga Desa Karangklesem RT. 03 RW. 09, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini, dirinya terpilih bersama 200 pelajar dari ribuan pelajar se-Indonesia.

“Saya berhasil lolos seleksi ujian tertulis pengetahuan umum tentang Turki dan Tes Potensial Akademik (TPA),” ujarnya, Kamis (27/8/2020).

Tujuan program ini adalah menambah pengalaman dan pengetahuan baru di negara Eurasia, sehingga diharapkan tercipta generasi muda bangsa yang berwawasan internasional demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia kedepannya.

Selain itu untuk teamwork dan network, yaitu membangun kerjasama dan memperkuat jaringan informasi di kalangan generasi muda baik nasional maupun internasional dalam berbagai bidang pendidikan dan kebudayaan.

“Para peserta akan berkunjung ke salah satu universitas terbaik di Turki, Universitas Istanbul, untuk mengamati dan mereview sistem pendidikan, yang diterapkan di sana, sehingga yang baik dapat menambah wawasan atau dapat direplikasi mahasiswa/i Indonesia,” ” imbuhnya.

Jadwal selanjutnya di Turki yaitu sharing discussion di Universitas Uludag, tentang bagaimana cara mendapatkan beasiswa di universitas ini, dari para pelajar Indonesia yang sudah menetap dan belajar di sana.

Selanjutnya observasi di Hagia Sophia atau Aya Sofya, bangunan tempat ibadah yang unik, yaitu separuh bangunan terlihat seperti masjid sedangkan sisanya terlihat seperti gedung gereja.

“Kami juga akan mengunjungi Museum Istana Topkapi, untuk mempelajari tentang sejarah islam. Bangunan bergaya arsitektur Ottoman yang begitu indah dan megah ini, dulunya adalah pusat pemerintahan Turki serta istana warisan Ottoman. Disini juga terdapat relik Nabi Muhammad, Nabi Musa, Nabi Ibrahim, Nabi Yusuf, Nabi Daud, dan sahabat Nabi lainnya,” tandasnya.

Ditambahkan Winalda, peserta juga akan mempelajari kebudayaan di Istanbul Modern Museum, Blue Mosque, Grand Bazaar dan Colourfull of Balat, serta mengenal adat istiadat, seni, dan kebudayaan lokal lainnya di Kota Bursa yang meliputi Desa Cumalikizik, Pasar Koza Han Silk, Masjid Agung Ulu Camii Bursa, Yesil Turbe Green Tomb, Inkaya Historical Plane Tree, serta bermain ski di Gunung Uludag.

Untuk partisipasinya ini hanya dibiayai 50 persen oleh pihak penyelenggara, senilai kurang lebih Rp. 18 juta.

Dirinya menyatakan akan memperkenalkan budaya khususnya Banyumas kepada para pelajar di Turki, melalui video dan karya tulisnya.

Serma Bambang mengemukakan, sebagai ayah dirinya merasa bangga dan mendukung sepenuhnya keinginan putrinya tersebut.

“Semoga suatu saat ilmu yang akan didapatkan putri saya di bangku sekolah dan pengalamannya, dapat berguna bagi kemajuan Banyumas khususnya dan Brebes umumnya,” ucapnya.

Sementara Dandim Brebes, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, juga menyatakan bangga dan mensupport prestasi salah satu Babinsanya itu.


(Aan/Salam)
 
Top