Sekda Natuna Hadiri Rapat Persiapan Pilkada Via Vicon


Sekda Natuna Hadiri Rapat Persiapan Pilkada Via Vicon

Sekda Natuna, Wan Siswandi saat Ikuti Vicon -
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Bertempat di Ruang Rapat Kantor BP3D Kabupaten Hadiri Rakor Natuna, Rabu (24/6/2020), Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi hadir dalam Rapat Koordinasi Video Converence dengan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

Adapun pembahasan dalam rakor tersebut adalah terkait persiapan Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 09 Desember 2020 mendatang.

Mendagri, Tito Karnavian dalam sambutannya ketika memimpin rakor tersebut mengatakan bahwa pada 15 Juli 2020 mendatang, akan dilakukan pemutakhiran data secara Door to Door. Untuk kepada seluruh Kepala Daerah dipesankan agar anggaran operasional penyelenggaraan Pilkada harus segera diserahkan kepada  KPUD dan Bawaslu daerah.

Terlebih lagi menyelenggarakan Pilkada dalam kodisi Pandemi Covid-19, Tito mengatakan bahwa petugas lapangan memiliki potensi tinggi terpapar Virus Corona, karena akan berinteraksi langsung dengan masyarakat.

Untuk itu baik kepada KPUD maupun Bawaslu Daerah ditekankan pula bahwa persiapan prioritas yang harus segera dilakukan adalah penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) terutama diperuntukkan bagi petugas lapangan, baik  pada tahapan pemutakhiran data, maupun pada tahap pemilihan suara nanti.

Tito menjelaskan pula bahwa dari anggaran Naskah Perjanjian Hibah Daerah sebesar  14,9 T, saat ini sudah digunakan 5 T dan sisa 9,1 T untuk 270 daerah. Dana tersebut  dikhususnya untuk operasional Pilkada, tidak boleh dipergunakan bagi peruntukan lain.

Kepada 270 Daerah yang akan menggelar Pilkada Serentak, diharapkan dapat segera mencairkan hanggaran diatas, selanjutnya diserahkan kepada kepada KPUD, Bawaslu dan aparat keamanan, sehingga seluruh pihak yang menerima dana tersebut dapat segera bekerja sesuai tugas dan fungsi masing-masing. (Pur-Humas)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama