{[["☆","★"]]}
Kompol Yanto Dani -
MESUJI I KEJORANEWS.COM : Mendukung ketahanan pangan keluarga di tengah pandemi Covid-19 Kepolisian Sektor ( Polsek) Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji mengolah lahan kosong seluas 40x50 meter persegi yang berada di belakang Mapolsek menjadi kebun palawija, khususnya tanaman terong hijau.

Pengelolaan kebun yang digagas oleh Kapolsek Simpang Pematang Kompol Yanto Dani, dimulai sejak 26 Maret 2020 lalu, dan telah dipanen pada 18 Mei 2020 yang lalu.

Hasil panen sebanyak kurang lebih 100 Kg terong hijau dimanfaatkan oleh Ibu-ibu Bhayangkari untuk membantu tambahan bahan pangan keluarga. Dan juga diberikan secara merata kepada masyarakat sekitar Polsek Simpang Pematang. 

Melalui rilis kepada media 3 Juni 2020, pihak Polsek menyampaikan tentang sejumlah tahapan pengolahan kebun tersebut.
Proses Penanaman Bibit Terong Hijau


1. Pada tanggal 26 s/d 28 Maret 2020, selama 3 hari, di lokasi lahan, tumbuhan ilalang atau rumput dibersihkan dan dilaksanakan pengemburan tanah dengan cara dicangkul  oleh anggota Polsek Simpang Pematang. 
Dan dilanjutkan penyuburan lahan dengan cara diberikan pupuk kandang serta di berikan sedikit pupuk NPK mutiara.

2.Pemilihan bibit terong hijau dilakukan dengan cara membeli. 

3. Penyemaian bibit terong hijau dengan cara diletakkan di pot-pot polybag selama 10 hari pada tanggal 30 Maret s/d 08 April 2020 

4.Menyiapkan lubang-lubang di tanah yang sudah digemburkan dengan tongkat kayu sedalam 5-10 cm Dengan jarak sekitar 60 cm. 

5.Memindahkan tanaman yang berada di polybag ke lubang-lubang yang telah disiapkan. 

6.Setelah ditanami dilakukan pemeliharaan dengan cara disiram dan dibersihkan dari rumput yang tumbuh di sekitar tanaman terong. Hal ini di lakukan selama 40 hari sampai tanaman berbuah menjadi terong besar.

8. Proses buah terong dipanen atau dipetik dilakukan bersama-sama oleh anggota Polsek dipimpin oleh Kapolsek Simpang Pematang pada tanggal 18 Mei 2020.


Kandungan buah terong hijau adalah : 
1. Kandungan serat 
2. Kalium
3.Vitamin C dan B-6
4. Fitonutrien

Manfaat buah terong hijau adalah :
1. Menjaga kesehatan Jantung
2. Mengendalikan kadar kolesterol 
3. Meningkatkan Fungsi otak
4. Mencegah Kanker
5. Membuat kulit lembut

( Yusri)

 
Top