5.014 Paket Sembako Dibagikan Pintu ke Pintu di Belakang Padang


5.014 Paket Sembako Dibagikan Pintu ke Pintu di Belakang Padang

Pembagian Sembako
BATAM I KEJORANEWS.COM:
Sembilan bahan pokok(sembako) bantuan Pemerintah Kota Batam didistribusikan langsung ke rumah-rumah warga di Kecamatan Belakangpadang. Jum'at, (14/04/2020)
 
Meski warga tersebar di pulau-pulau berbeda, pendistribusian tetap dipakukan dari rumah ke rumah. Sesuai arahan Wali Kota Batam yang ingin masyarakat tetap di rumah demi memutus mata rantai penyebaran corona virus disease (Covid-19).

Camat Belakangpadang, Yudi Admajianto mengatakan awalnya distribusi untuk Belakangpadang ini dijadwalkan pada Sabtu (25/4). Tapi setelah koordinasi dengan Disperindag dan distributor, maka disepakati untuk mempercepat pendistribusian.

"Pengiriman dari distributor ke Kecamatan Belakangpadang berlangsung pada Kamis. Sekitar pukul 10.00 WIB kapal pengangkut sembako berangkat dari Sekupang. Untuk Kelurahan Tanjungsari dan Sekanak Raya, siang ini langsung kita distribusikan ke titik lokasi tiap RW yang sudah ditentukan. Pendistribusian di dua kelurahan ini menggunakan mobil kecamatan dan ambulan Puskesmas," katanya.

Sembako untuk dua kelurahan di pulau utama Belakangpadang ini langsung dibagikan ke masyarakat. Proses pembagian melibatkan unsur pimpinan kecamatan (Muspika), Lurah, Babinsa, bhabinkamtibmas, seluruh staf kecamatan dan kelurahan, Satpol PP, dan Satgas kebersihan di Kecamatan Belakangpadang.

"Setelah menurunkan sembako untuk dua kelurahan, kapal lanjut bergerak ke empat kelurahan yang ada di pulau lain, yaitu Pemping, Kasu, Pecung, dan Terung. Karena sampainya malam, maka untuk empat kelurahan ini pembagian ke masyarakatnya dilakukan Jum'at (24/4)," papar mantan Kabag Humas Setdako Batam ini.

Adapun jumlah Sembako yang dibagikan di Kecamatan Belakangpadang pada tahap I ini adalah 5.014 paket. Rinciannya yaitu 1.258 paket untuk Kelurahan Tanjungsari, 1.415 paket untuk Sekanak Raya, 248 paket untuk Pecung, 221 paket untuk Pemping, 956 paket untuk Kasu, dan 916 paket untuk Terung.

"Tata cara pembagiannya yaitu masyarakat sudah terlebih dulu didata melalui RT/RW. Datanya sudah by name, by address, by phone. Masyarakat menunggu di rumah saja. Petugas yang akan mengantarkan sembako," ujarnya.

Camat Belakang padang melanjutkan warga yang mendapat bantuan cukup menyiapkan identitas berupa KTP dan KK. Kemudian masyarakat diminta menandatangani tanda terima saat sembako diserahkan.

"Sebelum tanda tangan, wajib menggunakan hand sanitizer terlebih dahulu. Saat penyerahan juga tetap memberlakukan jaga jarak atau physical distancing. Serta petugas dan penerima wajib menggunakan masker," katanya.

Atas nama masyarakat Belakangpadang, Camat Belakang Padang mengucapkan terima kasih. Bantuan sembako ini dirasa sangat bermanfaat terutama untuk meringankan beban di masa pandemi Covid-19 ini. Serta dibutuhkan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1441 H.



Andi Pratama
Lebih baru Lebih lama