Bandara Hang Nadim Batam Disemprot Disinfektan


Bandara Hang Nadim Batam Disemprot Disinfektan

Petugas Lakukan Penyemprotan Disinfektan
BATAM I KEJORANEWS.COM: Cegah meluasnya Covid-19, pengelola BUBU Hang Nadim Batam, lakukan disinfektan sebagai langkah preventif penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kota Batam. Selasa, (17/03/2020)

Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Himbauan Kewaspadaan dan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19), hari Senin (16/3) kemarin.

Sebelumnya, Kepala BP Batam, Muhammad Rudi dalam surat edarannya telah memerintahkan seluruh penanggung jawab kebersihan gedung-gedung/aset di bawah penguasaan BP Batam, untuk meningkatkan kebersihan dan sanitasi ruangan, serta lingkungan secara periodik, yakni tiga hari sekali.

Selain itu, mengimbau untuk mengerahkan petugas kesehatan yang terampil dan menggunakan disinfektan yang sesuai dengan standar medis.

Dir BuTIK Hang Nadim Batam (Kemeja putih)Bersama Petugas Kebersihan
Menanggapi surat edaran tersebut, Direktur Badan Usaha Bandar Udara dan Teknologi Informasi dan Komunikasi BP Batam, Suwarso, mengatakan kegiatan sanitasi ini dilaksanakan pada hari Senin malam agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang saat jam operasional bandara berlangsung.

Target pelaksanaan penyemprotan disinfektan ini dijadwalkan setelah seluruh penerbangan selesai. Dan karena salah satu maskapai mengalami delay, jadi baru bisa dilaksanakan pukul 22.20 WIB, hingga pukul 02.00 WIB.

Penyemprotan dilakukan di beberapa lokasi dan peralatan. Dimulai dari pintu masuk keberangkatan, 4 mesin X-ray, check in area (termasuk 24 meja konter), tiang - tiang, kaca informasi, toilet dan eskalator.

"Kegiatan dilanjutkan pada pagi ini, dengan target lokasi yang akan disanitasi, antara lain 9 ruang tunggu bandara, beserta toiletnya. kegiatan pembersihan mulai dari pengepelan dan pengelapan reel eskalator yang mana rutin dilakukan sejak pukul 05.00 WIB," katanya.

Sejak merebaknya Covid-19, pihaknya pun meningkatkan frekwensi dan kualitas, serta menambah tenaga kebersihan, dari 40 orang menjadi 60 orang, yang merupakan gabungan dari CS, Aviation Security, dan diawasi oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Fungsi KKP sangat krusial dalam pengawasan, karena cara kerja petugas penyemprotan harus sesuai dengan prosedur, mulai dari pencampuran cairan hingga cara penyemprotan itu sendiri.

Tim menargetkan kegiatan penyemprotan dilakukan dua kali, yakni sebelum dan sesudah jam operasional bandara, serta dijadwalkan untuk 3 hari sekali. Sedangkan kegiatan pembersihan akan rutin dilakukan setiap hari.

Bandara Internasional Hang Nadim, juga telah memasang alat pendeteksi suhu tubuh otomatis/thermal detector, beserta thermal gun di setiap pintu kedatangan penumpang pesawat domestik maupun internasional.

"Terkait, untuk menambah hand sanitizer di semua ruang tunggu. Karena adanya keterbatasan, untuk saat ini masih kami letakkan di beberapa titik saja," tutupnya menjawab saran dari salah satu pengujung Bandara, Nongsa - Batam.




Humas/Andi
Lebih baru Lebih lama