Menanam Budaya Keselamatan Peserta Didik Ke Kantor SAR


Menanam Budaya Keselamatan Peserta Didik Ke Kantor SAR

Pengenalan Peralatan SAR ke TK Bina Bangsa dan TK Pertiwi T.B Karimun
KEPRI I KEJORANEWS.COM: Kantor Pencarian dan Pertongan Kelas A Tanjungpinang, mendapat kunjungan dari peserta didik dalam kegiatan SAR Goes to School. Kamis, (20/02/2020)

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB, terdapat sebanyak 50 siswa-siswi dari TK Pelita Nusantara Tanjungpinang. Selain itu, ditempat terpisah Pos Pencarian dan Pertolongan Tanjung Balai Karimun, terdapat sebanyak 70 orang siswa-siswi dari TK Bina Bangsa dan TK Pertiwi Tanjung Balai Karimun.

Terkait kegiatan ini, selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang, Mu'Min, S.E, M.M. menyampaikan pemahaman tentang SAR perlu ditumbuhkan sejak dini agar mereka menjadi generasi yang memiliki budaya keselamatan.

"Budaya keselamatan haruslah kita bangun sejak dini dengan harapan kelak mereka dalam lingkungannya dapat menjadi duta untuk meningkatkan budaya keselamatan, demi terwujudnya kesiap siagaan dalam menghadapi kecelakaan, musibah, dan kondisi membahayakan jiwa manusia," terangnya pada saat kegiatan berlangsung.

Foto Bersama Dengan TK Pelita Nusantara Tanjungpinang
Dalam kegiatan, siswa - siswi diperkenalkan satu persatu pendamping yang terdiri dari para rescuer, perawat, dan petugas komunikasi di Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang. Tak hanya itu, anak-anak diajak mengenal bagaimana caranya menghadapi situasi yang terjadi saat gempa melalui nanyian.

Selanjutnya di gudang peralatan diperkenalkan peralatan-peralatan SAR yang biasa digunakan ketika melaksanakan operasi SAR.  Setelah mereka usai mendengarkan penjelasan tentang fungsi peralatan-peralatan SAR, anak-anak diperlihatkan mobil komunikasi, rescue car dan diajarkan bagaimana memakai life jacket/ baju pelampung.

Dipenghujung kunjungan, Mu'Min sempat bertanya tentang kesan-kesan siswa-siswi saat mengikuti SAR Goes to School. Dengan kompak dan bersorai mereka mengungkapkan rasa senang karena telah dikenalkan tentang SAR dan mengikuti game-game yang diberikan para pendamping.

Pada kesempatan itu juga, Kakan SAR Kelas A Tanjungpinang menyerahkan buku SAR Goes to School kepada perwakilan salah satu guru pendamping. Ia berharap nantinya buku ini dapat memberikan manfaat positif kepada anak-anak dalam rangkaian kegiatan lainnya.



Andi Pratama
Lebih baru Lebih lama