{[["☆","★"]]}
Imlek di Nagoya - Kota Batam
BATAM I KEJORANEWS.COM : Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadis Budpar) Kota Batam, Ardiwinata mengucapkan terima kasih kepada paguyuban Tionghoa di Kota Batam, yang telah memeriahkan perayaan Imlek setiap tahunnya. Rabu, (22/01/2020)

"Sebagai kota pariwisata butuh kegiatan beragam atraksi seperti ini, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman), sehingga dengan begitu vihara - vihara juga dapat menjadi destinasi wisata religi di Kota Batam," terangnya.

Hal tersebut, disampaikan dengan adanya berbagai atribut bernuansa Imlek yang menghiasi jalan dan pertokoan di kawasan Nagoya, Lubukbaja - Batam, dan tempat ibadah umat Budha menyambut perayaan malam tahun baru Imlek.

Selaku Sekretaris panitia PSMTI Batam, Delvina mengatakan acara menyambut tahun baru imlek 2571 ini akan digelar pada Jumat malam (24/1). Acaranya dimulai dengan hiburan musik, barongsai, tari-tarian, dan puncaknya pukul 00.00 WIB dengan kembang api.

"Ada sekitar 500 lampion yang memeriahkan suasana di lokasi tersebut. Selain lampion juga sudah terpasang delapan pilar di sekitar venue, dan kegiatan ini merupakan agenda rutin. Dimana tahun ini adalah tahun ke-11 pelaksanaan," terangnya.

Di tempat terpisah, selaku staf Vihara Budhi Bhakti, Andris menyampaikan selain kembang api dan lampion, Imlek tahun ini juga dihiasi boneka balon yang menggambarkan sosok Dewa Chai Shen Ye. Dewa ini dipercaya sebagai dewa keberuntungan, dan balon boneka ini bisa menjadi salah satu spot foto bagi masyarakat yang datang ke vihara.

“Gerbang utama kita sudah selesai dibangun, di malam Imlek ini lampunya akan cantik dan megah,” katanya yang mana di Vihara Budhi Bhakti, Lubuk Baja - Batam, selain warga lokal, kerap dikunjungi Wisman dari berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Tiongkok, dan Korea.



Andi Pratama
 
Top