ABK Tangkap Pencuri Saat Kapal Lego Jangkar


ABK Tangkap Pencuri Saat Kapal Lego Jangkar

Pelaku Pencurian
BATAM I KEJORANEWS.COM : Kapal Patroli Baladewa – 8002 mengamankan pelaku beserta barang bukti  tindak pidana pencurian di atas kapal tanker yang sedang lepas jangkar di perairan Kabil - Batam. Selasa, (21/01/2020).

Dir Polairud Polda Kepri Kombes Pol Alex Fauzi Rasad, S.S.T.M.K., S.H meyampaikan bahwa KP. Baladewa – 8002 yang sedang melaksanakan tugas di perairan Kepri dan Kalimantan Barat, mendapat laporan dan langsung bergerak ke lokasi kejadian.

"Kejadian berawal pada pukul 04.45 WIB. Saat itu Kapal Tanker MT. Horizon Maru sedang lego jangkar di sekitar perairan Kabil, Selat Riau untuk menunggu waktu tambat ke Dermaga Kabil," terangnya.
Kapal Tanker MT.Horizon Maru
Ia melanjutkan, kemudian Anak Buah Kapal (ABK) MT. Horizon Maru mendapati ada 4 orang (2 orang di atas kapal dan 2 orang di perahu) yang diduga sedang melakukan pencurian di atas kapal MT. Horizon Maru.

Selanjutnya ABK melakukan penangkapan, dan para pelaku sempat melakukan perlawanan yang mengakibatkan luka ringan terhadap beberapa ABK. Dari kejadian tersebut seorang pelaku berinisial IL berhasil diamankan sedangkan 3 orang lainnya melarikan diri.

Kemudian pelaku dan barang bukti dibawa menuju KP. Baladewa - 8002 di Pelabuhan Batu Ampar - Batam, untuk pemeriksaan lebih lanjut. Barang Bukti yang berhasil diamankan yaitu 1 buah karung yang berisikan : 6 buah spindle exhaust valve, 3 buah setting exhaust valve, 1 buah cover lo cooler, 1 buah nozzle las, 1 buah tali buat memanjat kapal, 1 buah sarung pisau.

"Kerugian Materil yaitu 2 Set Alat Pancing dan 2 Ekor Burung Murai Batu. Sampai dengan saat ini masih terus dilakukan pencarian terhadap pelaku lainnya dan kepada IL dikenakan Pasal 362 KUHP, pungkasnya didampingi oleh Kabid Humas Polda Kepri.



Andi Pratama
Lebih baru Lebih lama