{[["☆","★"]]}
Andika Mencoba Radio Contact-
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Masuki musim utara yang identik dengan cuaca ekstrem, Unit Koperasi Desa (KUD) Tarempa dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Anambas melaunching Radio Contact untuk antisipasi pencegahan kecelakaan atau musibah di laut Anambas selama 24 Jam di Sekretariat KUD Tarempa, Desa Tarempa Barat Kecamatan Siantan, Minggu (15/12/2019).

Diketahui radio tersebut juga merupakan bantuan dari Dana Aspirasi DPRD Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Tahun Anggaran 2018 yang diserahkan beberapa waktu yang lalu, Selasa (10/12/2019).

Menurut salah satu Pengurus KUD Tarempa Andika mengatakan Radio Contact sangat penting dan bermanfaat bagi nelayan.

"Radio ini sangat penting bagi nelayan, khususnya untuk komunikasi antar nelayan maupun lainnya", sebutnya saat mengoperasikan Radio Contact, Minggu (15/12/2019).

Selain itu, Andika mengatakan radio Contact juga bisa memberikan informasi terkait kejadian-kejadian di laut. 

"Salah satunya seperti ada kerusakan mesin di laut, sehingga nelayan perlu radio untuk memberikan informasi tersebut guna langsung cepat tanggap untuk membantu", tambahnya. 

Lanjut dia menambahkan pada saat musim utara cuaca di laut sangat tidak menentu sehingga perlu diantisipasi dari sekarang. 

"Karena musim utara cuaca dan gelombang sangat tinggi, maka kita harus mengantisipasi dari awal-awal seperti alat komunikasi radio ini", terangnya. 

Diketahui Radio Contact yang dioperasikan tersebut merupakan jenis Kenwood TM-281A, panjang antena pemancar sekitar 5 Meter dengan Radius mencapai 70 Mil.

"Radio ini radiusnya mencapai 70 Mil atau kalau di tes kira-kira dari sini sampai ke Letung, Kiabu, Anjungan lepas pantai udang field dan Laut selaih", terang andika sambil berkomunikasi dengan nelayan yang berada di laut.

Kemudian jika ada nelayan yang mengalami musibah atau hal lain silakan segera menghubungi langsung, saat ini Radio Contact KUD Tarempa dan HNSI Anambas Standby di Frekuensi 143030.

"Silakan jika ada kejadian atau musibah langsung menghubungi kami di frekuensi 143030, " pintanya.

(Ardian)
 
Top