Karimun Raih Juara 1 Nasional, Lomba Toga Asman Selasih


Karimun Raih Juara 1 Nasional, Lomba Toga Asman Selasih

Serah Terima Penghargaan Toga Asman
TJB. KARIMUN I KEJORANEWS.COM : Kampung Tanaman Obat Keluarga Asuhan Mandiri (Toga Asman) Selasih, di Tanjung Balai Karimun, terpilih sebagai juara 1 lomba Asman Toga dan Akupresure tingkat nasional tahun 2019. Jum'at, (22/11/2019)

Penghargaan diserahkan langsung oleh Direktorat Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI kepada Wakil Bupati Karimun. Ikut mendampingi  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimum Rachmadi.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi kepada stakeholder terkait. Tanpa terjalinnya kerja sama dan kekompakan yang baik, tidak akan bisa terwujud atau bisa meraih prestasi ini.

"Meraih penghargaan ini tidak mudah, karena hanya ada 12 juara secara nasional. Juara 1 sampai 4 masing-masing ada 3 kategori, yaitu  Desa, DTPK dan Perkotaan. Alhamdulillah, pada lomba tahun 2019 Kampung Toga Asman Selasih sebagai juara satunya kategori Perkotaan," terangnya di (20/11) Hotel Royal Surakarta Haritage, Solo - Jawa Tengah.

Foto Bersama
Ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi mengatakan meraih juara lomba Asman Toga dan Akupresure tingkat nasional, ini untuk yang ketiga kalinya secara berturut turut.

Pertama, pada tahun 2017, Kampung Toga Asman Mahkota Dewa, Desa Selat Mendaun, meraih juara 3 kategori Desa.
Kedua, pada tahun 2018, Kampung Toga Asman Kunyit Asam, Kelurahan Harjosari - Tebing meraih juara 1 kateori DTPK.
Ketiga tahun 2019 ini, Kampung Toga Asman Selasih, Kelurahan Parit Benut, meraih juara 1 nasional kategori Perkotaan.

"Kampung Toga adalah program dalam rangka membudayakan pengobatan tradiosional, melalui pemanfaatan tanaman obat keluarga dan akupresur. Kelompok-kelompok asuhan mandiri toga, bukan hanya sekedar menanam tapi juga dimanfaatkan sebagai pelayanan kesehatan promotif dan preventif. Mencegah lebih dari pada mengoba," tutupnya.



Andi Pratama
Lebih baru Lebih lama