{[["☆","★"]]}
Ketua Dekranasda Kota Batam, Marlin Agustina Rudi (tengah)
BATAM I KEJORANEWS.COM : Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam, berkunjung ke pesantren mengajari  para santri cara membatik. Sabtu, (02/11/2019)

Selaku Ketua Dekranasda Kota Batam, Marlin Agustina Rudi mengatakan kegiatan seperti ini sudah beberapa kali Dekranasda gelar. Sebelumnya melibatkan ibu rumah tangga, mahasiswa-mahasiswa perguruan tinggi di Batam, dan sekarang para santri.

"Saya sengaja turun langsung untuk memberdayakan santri-santri di sini, supaya punya bekal keterampilan, dan semangat melestarikan batik agar terus menyala. Selain memperkenalkan batik, saya juga ingin mengajarkan kemandirian kepada pesantren, lewat kewirausahaan," terangnya di Pondok Pesantren Al-Ukhuwah, Sagulung - Batam.

Ia melanjnutkan, potensi pesantren sangat besar, namun banyak yang belum tergarap maksimal. Pesantren ini akan dijadikan sebagai percontohan, apabila usaha batiknya berjalan lancar, akan dibuat juga di pesantren-pesantren lainnya.

"Kita ingin pesantren lebih mandiri sebagaimana yang ulama terdahulu lakukan, juga menyiapkan generasi santri yang berdikari. Doakan berhasil ya," tutup Ketua Dekranasda Kota Batam.



Andi Pratama
 
Top