Direktur UKW PWI Dipastikan Jadi Penguji Wartawan di Kuningan


Direktur UKW PWI Dipastikan Jadi Penguji Wartawan di Kuningan

Iyan Irwandi, S.IP -
KUNINGAN I KEJORANEWS.COM : Sesuai dengan surat keputusan penugasan Nomor : 547/PWI-P/LXXIII/2019, satu dari enam orang penguji Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bekerjasama dengan Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan, adalah Direktur UKWnya sendiri, yakni Rajab Ritonga.

Ketua PWI Kabupaten Kuningan, Iyan Irwandi, S.IP., menyebutkan, ia telah mendapatkan informasi dari PWI Provinsi Jawa Barat dan pusat, bahwa ada enam orang penguji berpengalaman yang telah bersertifikat untuk diterjunkan pada pelaksanaan UKW tanggal 23-24 Oktober 2019 di Wisma Permata kompleks Stadion Mas’ud Wisnu Saputra Kuningan.

Ke 6 penguji yang sudah sangat memahami Kode Etik Jurnalistik, Undang-Undang Pers Nomor : 40 tahun 1999 dan peraturan pers lainnya tersebut, terdiri dari H. Wawan Djuarna (Bandung), Ati Suprihatin (Bandung),  Ar Lubis (Jakarta), Rajab Ritonga (Jakarta), Widodo (Bandung) dan Sakti Sawung Umbaran (Jakarta). Serta Admin, Widiawati (Jakarta).

Mereka akan menguji wartawan media cetak, media elektronik dan media online berdasarkan elemen kompetensi wartawan. Meliputi,  kompetensi umum atau kompetensi dasar yang dibutuhkan semua orang yang bekerja sebagai wartawan,  kompetensi inti atau kompetensi wartawan dalam  melaksanakan tugas-tugas umum jurnalistik. Dan  kompetensi khusus atau kompetensi yang dibutuhkan wartawan dalam menjalankan  tugas-tugas khusus jurnalistik.

“Berdasarkan surat keputusan penugasan dan konfirmasi dengan admin pusat, bahwa salah satu pengujinya adalah Pak Direktur UKW beserta penguji-penguji berkompeten lainnya sehingga menjadi kebanggaan tersendiri karena berdampak cukup bagus bagi Kabupaten Kuningan,” ujarnya, kemarin Sabtu (19/10/2019).

Tujuan dari pelaksanaan UKW, lanjut lulusan terbaik Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) II tingkat Jawa Barat,  selain berupaya meningkatkan kualitas, sebenarnya sebagai upaya nyata dalam membantu mempasilitasi dan memudahkan wartawan Kota Kuda yang benar-benar aktif untuk bisa ikut uji kompetensi tanpa harus mengeluarkan biaya serupiah pun, kecuali wartawan luar daerah. “Sebagian besar peserta UKW tanggal 23-24 Oktober mendatang, adalah wartawan Kuningan sehingga digratiskan karena kegiatannya bekerjasama dengan Bagian Humas Setda. Kecuali jurnalis perwakilan luar daerah, dikenakan biaya,” jelasnya.

Admin Tim Penguji UKW, Widiawati,  menyebutkan, pada kegiatan UKW  yang diselenggarakan PWI bekerjasama dengan Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan untuk keduakalinya tersebut, Direktur UKW PWI Pusat, Rajab Ritonga akan menjadi penguji beserta lima penguji lainnya dari Bandung dan Jakarta.

(Iwan)
Lebih baru Lebih lama