Lanal Ranai dan SAR Natuna laksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila


Lanal Ranai dan SAR Natuna laksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila

Lanal Ranai Gelar Upacara Harlah Pancasila -
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Peringatan hari lahir pancasila ke 74 di Kbupaten Natuna, selain Pemerintah Kabupaten Natuna, sejumlah Lembaga Pemerintah melaksanakan upacara bendera di setiap satuan.

Beberapa instansi instasi yang melaksanakan upacara bendera adalah Pangkalan TNI Angkatan Laut Ranai.
Bertempat di Lapangan Upacara Mako Lanal Ranai diSabtu (1/6/2019) digelar upacara bendera yang diijuti oleh jajaran TNI AL Ranai, bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Seryawan, S.E. dengan Komandan Upacara Dankal Sengiap II.4-55 Kapten Laut (P) Abdurrahman Santoso.
SAR Natuna Gelar Upacara Harlah Pancasila 


Dalam sambutannya Danlanal Ranai membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, yang menyampaikan bahwa sungguh Pancasila adalah karunia yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa.

Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada 18 Agustus 1945.

"Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan," tuturnya.

Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar Negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Rangkaian proses besar tersebut harus selalu diingat, dalami semangatnya dan pahami rohnya adalah tugas dan tanggung jawab rakyat Indonesia untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran.

"Pada peringatan hari lahir Pancasila tahun 2019 ini, harus meneguhkan semangat untuk bersatu , berbagi dan berprestasi," ujar Danlanal Ranai

Upacara dapat berjalan dengan hikmad yang di hadiri para perwira, bintara, tamtama serta segenap Pegawai Negeri Sipil Lanal Ranai yang tersusun dalam pasukan upacara sebagai, Deputasi Pamen, 1 Peleton Perwira dipimpin oleh Kapten Laut (P) Teguh Budi Santoso , dan 1 Peleton gabungan Bintara, Tamtama dan PNS Lanal Ranai dipimpin oleh Letda Laut (P) Imam Mardi S. Spd..

Sementara itu di Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Natuna, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2019, tidak hanya diikuti oleh anggota Kantor SAR namun juga Dharma Wanita Persatuan Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Natuna.

Bertindak selaku inspektur upacara Kepala Kantor Sar Natuna, Mexi Bekabel. Seperti juga upacara serupa di instansi lainnya, Mexi pada kesempatan itu juga membacakan amanat tertulis dari Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

 Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019, bertepatan dengan Puasa ke 27  Romadhan 1440 Hijriyah,namun suasana Rona Ramadhan tidak mempengaruhi semangat setiap peserta upacara.

Selain Lanal Ranai dan Sarnas Natuna, upacara dilaksanakan oleh Lanud Raden Sadjad, Kodim 0318 dan Polres Natuna.

Adw
Lebih baru Lebih lama